Sistem Pakar Untuk Mediagnosa Penyakit Ayam Bangkok Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Yosep Syaputra Silaban STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4160

Abstract

Penyakit pada ayam bangkok seringkali merepotkan para pemilik ayam bangkok. Sulitnya mendapatkan informasi tentang jenis penyakit pada ayam bangkok yang akan menghambat dan merupakan ancaman besar bagi para pemilik ayam bangkok. Pada dasarnya dalam mendiagnosa penyakit ayam bangkok di klinik hewan masih dilakukan secara manual. Tidak adanya sistem yang mempermudah dalam mendiagnosa penyakit ayam bangkok. Akibatnya dalam mendiagnosa ayam bangkok tidak bisa dilakukan dengan cepat dan harus membutuhkan banyak waktu.Dengan masalah tersebut diatas maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu pihak klinik hewan dalam mendiagnosa penyakit pada ayam bangkok sehingga diagnosa dapat dilakukan dengan cepat. Dalam penelitian yang dilakukan menggunakan metode certainty factor dalam penyelesaian masalah. Certainty Factor adalah suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar.Hasil dari penelitian ini berupa penyakit yang dialami oleh ayam Bangkok serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh ayam bangkok tersebut dengan menggunakan metode certainty factor.Kata Kunci: Ayam Bangkok, Sistem Pakar, Certainty Factor.

Author Biographies

Yosep Syaputra Silaban, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J. C. Santoso and H. Bunyamin, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Anjing Dengan Algoritma Pohon Keputusan dan Perhitungan Gini,†vol. 1, no. November, pp. 336–344, 2019.

J. D. Salatiga, “program studi teknik informatika - universitas pgri madiun | 1,†pp. 1–6, 2019.

L. Septiana, “PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ISPA DENGAN,†vol. XIII, no. 2, 2016.

V. Y. Zulfian Azmi, Metode, Pengantar Sistem Pakar dan. 2017.

H. Aksad and F. Aditya, “Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jutisi (Jurnal Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 67–74, 2019.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.14031.

Downloads

Published

2021-07-30

Issue

Section

Articles

URN