Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Feline Leukimia Pada Kucing Anggora Dengan Menggunakan Metode Certaity Factor (CF)

Penulis

  • Sion Maraden Siahaan STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.4155

Abstrak

Kucing sebagai salah satu hewan peliharaan yang mempunyai sifat manis, manja dan mudah dekat dengan pemilik membuat kucing ini menjadi sahabat manusia. Dengan kelebihan kucing itulah maka manusia mengagumi dan menyayangi mereka. Kucing anggora memiliki beberapa penyakit salah satunya yaitu penyakit Feline leukemia virus Diagnosa penyakit kucing anggora masih manual, tidak adanya sistem yang mempercepat dan membatu dokter dalam mendiagnosa  penyakti  kucing anggora.Dengan masalah tersebut maka di buatlah sistem pakar mendiagnosa penyakit Feline leukemia virus  dengan tujuan untuk membantu klinik hewan dalam mendiagnosa penyakit Feline leukemia virus. Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit Feline leukemia virus pada kucing anggora  sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami oleh kucing anggora serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh kucing tersebut dengan menggunakan metode certainty factor, sehingga dapat membantu puskesmas klinik hewan dalam menangani penyakit Feline leukemia virus pada kucing anggora

Biografi Penulis

Sion Maraden Siahaan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

H. Aksad And F. Aditya, “Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jutisi (Jurnal Ilm. Tek. Inform. Dan Sist. Informasi), Vol. 8, No. 3, Pp. 67–74, 2019.

M. Dahria, “Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi,†J. Saintikom, Vol. 10, No. 3, Pp. 199–205, 2011.

H. Listiyono, “Merancang Dan Membuat Sistem Pakar,†J. Teknol. Inf. Din., Vol. Xiii, No. 2, Pp. 115–124, 2008.

G. Virginia, “Metode Certainty Factor,†Implementasi Sist. Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Metod. Certain. Factor, Vol. 6, No. 1, Pp. 25–36, 2010.

L. Septiana, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan,†Vol. Xiii, No. 2, 2016.

Diterbitkan

2021-07-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN