SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN SISWA SEKOLAH DASAR YANG LAYAK DINYATAKAN LULUS PADA PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT LUQMANUL HAKIM MENGGUNAKAN METODE MOORA

Authors

  • Ayu Mutia Stmik Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra
  • Sri Murniyanti Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.415

Abstract

Sekolah Islam Terpadu Luqmanul Hakim merupakan sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam yang berlandasan Al Quran. Disekolah tersebut terdapat sebuah program tahfidzul quran untuk melatih kemampuan siswa dalam menghafal Al Quran. Pada saat ini dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus pada Program Tahfidzul Qur’an dilakukan dengan cara manual. Oleh sebab itu, dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus secara manual memiliki beberapa permasalahan yang terjadi, yaitu kesalahan dalam mengurutkan nilai tertinggi yang cukup membutuhkan banyak waktu dan terkadang data yang dibuat tidak akurat.Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus pada program tahfidzul quran adalah menggunakan Sistem Pendukung Keputusan dengan metode MOORA. MOORA adalah aturan yang menyatakan asosiasi antara beberapa atribut untuk menemukan aturan satu kombinasi item atau lebih.Hasil dari penelitian ini adalah untuk merancang program sistem pendukung keputusan dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus pada program tahfidzul quran dengan metode Moora menggunakan algoritma sistem yang dapat membantu pihak sekolah sekaligus guru tahfidzul qur’an dalam menentukan siswa yang layak dinyatakan lulus pada program tahfidzul quran

Author Biography

Yohanni Syahra

Stmik Triguna Dharma

References

K. Hati, “Fuzzy Inference System Metode Mamdani Dalam Penentuan Nilai Akhir Ujian Hafalan Al-Qur’an,†Bina Insa. Ict J., vol. 3, no. 1, pp. 164–171, 2016.

A. I. Ikraami et al., “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peminatan Siswa Baru Madrasah Aliyah Dengan Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process ( F-Ahp ) Dan Simple Additive Weighting ( Saw ) ( Studi Kasus :,†no. January, 2016.

S. Rokhman, I. F. Rozi, and R. A. Asmara, “Pengembangan sistem penunjang keputusan penentuan ukt mahasiswa dengan menggunakan metode moora studi kasus politeknik negeri malang,†J. Inform. Polinema, vol. 3, pp. 36–42, 2017.

M. H. Rifqo, D. A. Prabowo, and J. Dernata, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemberian Reward Kader Terbaik Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Bengulu Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting,†J. Technopreneursh. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 81–88, 2019.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN