Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Tsukamoto

Authors

  • Anri Arif Panjaitan STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.4128

Abstract

Bank Ronabasa adalah perusahaan yang bergerak dalam perbankan yang memberikan kredit kepada masyarakat. Selama ini pihak Bank Ronabasa sering membuat kesalahan dalam pemberian kredit kepada nasabah. Seperti seringnya ditemukan nasabah yang tidak layak diberikan kredit justru menerima kredit karena adanya sistem mengenal orang dalam dan sistem mengenal saudara atau orang dekat yang membuat pegawai bank lalai akan tugasnya untuk menyeleksi calon nasabah berdasarkan kriteria yang telah ditentukan,sehingga mengakibatkan terjadinya masalah saat pembayaran kredit.Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang mampu menentukan Kelayakan Pemberian Kredit Pada Bank Ronabasa Dengan Menggunakan Metode Tsukamoto.Hasil dari penelitian ini sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang mampu menentukan keputusan pemberian pinjaman nasabah dengan efektif berdasarkan kriteria yang ditentukan.sehingga dapat menghasilkan kelayakan yang akurat.

Author Biographies

Anri Arif Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. R. Hidayati and D. Marlius, “Aktivitas Promosi Dalam Meningkatkan Dana Pihak Ketiga Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Batang Kapas Pesisir Selatan,†pp. 1–17, 2018.

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean, and H. T. Sihotang, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 22–31, 2017.

N. Novita, “Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa,†J. Penelit. Tek. Inform. Vol. 1 Nomor 1, Oktober 2016, vol. 1, pp. 51–54, 2016.

A. I. Falatehan, N. Hidayat, and K. C. Brata, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hati Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 8, pp. 2373–2381, 2018.

R. A. Suherdi, R. Taufiq, and A. A. Permana, “Penerapan Metode AHP dalam Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Pegawai Di Badan Kepegawaian Dan Pengembagan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang,†Sintak, pp. 522–528, 2018.

N. W. Al-Hafiz, Mesran, and Suginam, “Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, no. 1, pp. 306–309, 2017.

A. Sasongko, I. F. Astuti, and S. Maharani, “Pemilihan Karyawan Baru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process),†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 2, p. 88, 2017.

A. Alwendi, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus PT. Beyf Bersaudara,†J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, p. 69, 2020.

Downloads

Published

2020-02-18

URN