Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Kerusakan Printer Brother DCP J100 Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Muhammad Zulfikarsyah Fikar STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.4127

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi  saat ini yang semakin pesat, termasuk di bidang sistem informasi, banyak pekerjaan manusia seperti berkegiatan di lingkungan perkantoran, sekolah, kampus yang dapat diselesaikan oleh komputer, tidak hanya komputer, printer berperan besar dalam membantu pekerjaan sehingga komputer dan printer bagian yang tidak dapat dipisahkan. Printer memiliki banyak masalah atau kendala dan kerusakan yang cukup serius oleh karna itu, kerusakan printer yang sering terjadi yang dialami oleh pengguna sangat mengganggu pekerjaan, termasuk pengguna yang awam  tentang printer berjenis InkJet dengan merek Brother DCP J100.Dalam menangani masalah tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang mampu bekerja dengan cepat dan otomatis, dengan waktu yang  singkat sistem dapat menganalisa, menemukan dan memberikan solusi dengan mengimplementasikan sebuah sistem pakar dalam sistem pakar banyak metode yang digunakan salah satunya metode Certainty Factor. Metode Certainty Factor adalah  metode ketidak pastian dan kaidah penalaran  (inexact reasoning) seorang pakar.Dengan sistem pakar yang menggunakan metode Certainty Factor, penulis ingin membuat sebuah rancangan aplikasi yang dapat memecahkan permasalahan kerusakan printer tipe Brother DCP J100, dengan tujuan agar masyarakat umum bisa mendapatkan informasi tentang gejala dan kerusakan printer Brother DCP J100.

Author Biographies

Muhammad Zulfikarsyah Fikar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

J. Nurjaman, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Printer Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jurnal Bangkit Indonesia, vol.7, no.1, pp. 1-12, 2018.

I. Agustina and D. Haryanto, “Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Pada Printer Ink Jet Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,†J. Manaj. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 171–180, 2018.

H. Hafshah, A. S. Hadisuwito, and D. M. Khairina, “Pendeteksi Gangguan Jaringan Lokal Menggunakan Metode Certainty Factor,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 2, pp. 60-64 , 2019.

R. Rosnelly, Sistem Pakar Konsep dan Teori, Ed.1, Yogyakarta : Andi, 2012.

A. S. Sembiring, O. Manahan, and M. Helentina, “Implementation of Certainty Factor Method for Expert System,†IOP Conf. Ser. J. Phys., pp. 1–7, 2019.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN