Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Kambing Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Marsida Anggraini Sagala STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.4126

Abstract

Hewan dengan nama latin Capra Aegagrus (Kambing) merupakan hewan ternak yang banyak dipelihara masyarakat karna memiliki nilai ekonomi yang bagus bagi para peternak. Namun yang menjadi masalah yang dialami Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara ketika proses mendiagnosa penyakit pada kambing dilakukan tidak diputuskan berdasarkan hitungan yang pasti dan gejala yang ditetapkan. Serta proses dalam mendiagnosa masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan suatu aplikasi berupa sistem pakar dengan mengadopsi metode Teorema Bayes, diharapkan dapat membantu memberikan keputusan dalam mendiagnosa penyakit pada kambing secara cepat, tepat, dan akurat.Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu sistem dapat membantu dan mempermudah kepala bidang kesehatan hewan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara dalam mendiagnosa dan mengambil keputusan serta memberikan solusi pengendalian yang tepat terhadap kambing yang terserang penyakit sehingga dapat melakukan penanganan sedini mungkin dan meningkatkan hasil ternak.

Author Biographies

Marsida Anggraini Sagala, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

W. R. Ferdiansyah, L. Muflikhah, and S. Adinugroho, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Kambing Menggunakan Metode Naive Bayes dan Certainty Factor,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 451–458, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

R. Rachman, “Penerapan Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit dan Hama Tanaman Cabai dengan Metode Forward Chaining,†vol. 6, no. 2, pp. 218–225, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i2.5522.

U. M. Jember, “Jurnal Sistem Informasi Komputer dan Teknologi Informasi (SISKOMTI) Volume 1, No 2, 2019,†Implementasi Backward Chaining Untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Domba Berbasis Android, vol. 1, no. 2, pp. 66–79, 2019.

B. Harijanto, R. A. Latif, and P. N. Malang, “Sistem pakar diagnosa penyakit pada kucing dengan metode teorema bayes berbasis android,†vol. 2, pp. 176–180, 2016.

R. Simalango and A. S. Sinaga, “Diagnosa penyakit ikan hias air tawar dengan Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, pp. 43–50, 2018.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN