Implemetasi Internet Of Things (IoT) Pada Sistem Keamanan Dan Kendali Pintu Menggunakan Nodemcu

Authors

  • Azhar Mahendra STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.4123

Abstract

Rumah merupakan tempat yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena rumah berfungsi sebagai tempat untuk melakukan aktivitas, rumah juga berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat berkumpul bersama keluarga. Saat ini yang diketahui pada umumnya, masyarakat masih menggunakan alat yang sederhana untuk pengaman rumah, menyebabkan tingkat keamananya kurang efektif. Hal ini mengakibatkan sering sekali terjadi pencurian di dalam rumah bila pemilik rumah sedang berpergian. Melihat dari fungsi rumah yang sangat penting  sehingga diharapkan pembuatan alat untuk keamanan rumah khususnya pada segmen pintu dapat memberikan rasa aman dan nyaman setiap waktu. Hal ini bermanfaat mengurangi bahaya pada rumah saat ditinggal pergi.Melihat dari faktor yang dapat disebabkan akibat keamanan yang kurang efektif maka diperlukan sebuah sistem keamanan yang dapat menggontrol dan mengendalikan pintu sebuah rumah, dimana sistem memanfaatkan layanan jaringan internet sehingga memudahkan kita menggontrol dan mengendalikan melalui jarak jauh. Dengan sistem ini saat pintu sebuah rumah di bobol secara paksa akan terdeteksi melalui sensor mc-38 dan selanjutnya mengirimkan notifikasi keamanan pintu ke smartphone dan kita dapat langsung mengendalikan untuk menutup pintu tersebut melalui jarak jauh. Alat ini akan bekerja dengan berbasis NodeMCU ESP3866 sebagai proses utama pengendali sistem, yang dirangkai dengan komponen input dan output sistem berupa sensor mc-38, motor servo,relay dan adaptor dengan menggunakan teknik half duplex. 

Author Biographies

Azhar Mahendra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Imformasi

References

Prianto, Eddy. "Strategi disain fasad rumah tinggal hemat energi." Jurnal Riptek, Bappeda Kota Semarang 6.1 (2012): 54-64.

D. C. Levi-Bencheton, M. E. Darra, M. G. Tetu, M. G. Dufay dan D. M. Alattar, Security and Resilience of Smart Home Environments: Good Practices and Recommendations, Europian Union Agency For Network And Information Security, 2015.

R. J. Robles dan T.-h. Kim, “Applications, Systems and Methods in Smart Home Technology: A Review,†International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 15, February 2010.

Tanto, Tanto, and Darmuji Darmuji. "Penerapan Internet of Things (IoT) Pada Alat Monitoring Energi Listrik." Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan 1.1 (2020): 45-51.

Siswanto, Siswanto, Gunawan Pria Utama, and Windu Gata. "Pengamanan ruangan dengan Dfrduino Uno R3, sensor Mc-38, pir, notifikasi sms, twitter." Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) 2.3 (2018): 697-707.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN