Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tetelo (New Castle) Pada Burung Murai Batu Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Faisal Alwi STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Alhafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.4115

Abstract

Penyakit tetelo ( new castle) salah satu penyebab kematian terbesar pada burung murai  batu. Burung murai batu yang terkena penyakit tetelo akan mengalami beberapa hal aneh seperti, kepala burung murai batu bergeleng ke kiri dan ke kanan, burung berputar-putar, sayap burung murai batu tampak turun, badan gemetar, sering sulit bernapas ,burung seperti batuk, dan menurunnya nafsu makan. Peternak sering salah memberikan penanganan terhadap penyakit yang diderita burung murai batu. Proses mendiagnosa jenis penyakit yang diderita burung murai batu seharusnya dilakukan oleh ahli dibidangnya.Untuk mempermudah proses mendiagnosa penyakit tetelo (new castle) pada burung murai batu maka dibuatlah sebuah program sistem pakar menggunakan metode certainty factor sebagai metode dalam mendiagnosa penyakit tetelo pada burung murai batu . sistem pakar biasanya digunakan untuk mendeteksi kerusakan ataupun mendiagnosa suatu penyakit yang gejalanya memiliki nilai kemungkinan atau bobot yang didapatkan dari pakar.Hasil yang diperoleh dari aplikasi sistem pakar ini yaitu berupa laporan hasil mendiagnosa penyakit tetelo (new castle) pada burung murai batu yang dapat membantu peternak dalam melakukan diagnosa  penyakit tetelo secara tepat. Sehingga, dengan adanya sistem pakar ini dapat meyakinkan peternak dalam memberikan penanganan pada burung murai batu yang terkena tetelo.

Author Biographies

Faisal Alwi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Alhafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Akdiatmojo, Supriyanto, Mencetak Murai Batu Juara Kontes Ala MBOF. Jakarta : AgroMedia Pustaka, 2017.

Sumarsih, Erni, Memelihara, Melatih, dan Menangkar Burung Ocehan. Jakarta : Penebar Swadaya, 1994.

M Arifin, Slaminm, and W.E.Y Retnani“Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,†Berkala Saintek, Vol.1,No21-28,2017.

Kusrini, Aplikasi Sistem Pakar,I. Yogyakarta: Penerbit ANDI,2008.

Naga, Dali Santun. 64 Rumus Terapan : Probabilitas dan Sekor pada Hipotesis Statistika. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.

Downloads

Published

2020-01-30

URN