Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hidrosefalus Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • T Laila Mudrikah STMIK - TRIGUNA DHARMA
  • Saiful Nur ARif STMIK -TRIGUNA DHARMA
  • Sobirin Sobirin STMIK- TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.4108

Abstract

Hidrosefalus adalah penyakit yang disebabkan oleh cairan serebrospinal yang berlebihan di sistem saraf pusat. Kondisi ini adalah salah satu masalah paling umum dalam bedah saraf, terhitung sekitar 40% hingga 50%. Etiologi hidrosefalus pada anak secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis: prenatal dan postnatal. Sebelum dan sesudah persalinan, secara teoritis patofisiologi hidrosefalus disebabkan oleh tiga hal, yaitu produksi cairan yang berlebihan, peningkatan resistensi terhadap cairan yang berlebihan, dan peningkatan tekanan sinus venosa.Untuk mengatasi  masalah tersebut maka dapat dibuat sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Hidrosefalus dengan menggunakan metode Teorema Bayes. Sistem pakar ini dapat memberikan solusi terkait permasalahan dan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit hidrosefalus . Dengan demikian hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi implementasi sistem pakar dengan metode teorema bayes yang dapat membantu dokter dalam mendiagnosa penyakit hidrosefalus . Hasil diagnosanya sudah mendekati diagnosa seorang pakar.Kata kunci : Sistem Pakar, Metode Teorema Bayes, Penyakit Hidrosefalus.

Author Biographies

T Laila Mudrikah, STMIK - TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Saiful Nur ARif, STMIK -TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK- TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

N. Y. S. Munti and F. A. Effindri, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginekologi Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web Mobile,†J. Media Infotama, vol. 13, no. 2, pp. 67–72, 2017.

M. Muktar et al., “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT THT BERBASIS WEB,†pp. 45–54, 2020.

G. A. D. Sugiharni and D. G. H. Divayana, “Pemanfaatan Metode Forward Chaining Dalam Pengembangan Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Televisi Berwarna,†J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, p. 20, 2017, doi: 10.23887/janapati.v6i1.9926.

T. Syahputra, M. Dahria, and P. D. Putri, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Anemia Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. SAINTIKOM, vol. 16, no. 2, pp. 285–294, 2017.

R. A. Y. Manurung and A. D. Manuputty, “Perancangan Sistem Informasi Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga,†J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 9–20, 2020, doi: 10.24176/sitech.v3i1.4703.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN