E-DIAGNOSIS SYSTEM UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT YANG SERING MENYERANG IKAN PATIN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • citro natal sidauruk STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.4107

Abstract

Ikan Patin merupakan ikan yang biasanya hidup di air tawar, ikan patin memiliki kandungan gizi yang lumayan tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi terutama protein. Orang banyak menyukai ikan patin karena terasa gurih dan mudah untuk diolah. Daging ikan patin mengandung lemak, protein, fosfor dan Vitamin B yang tentunya baik bagi tubuh manusia. Namun pembudidayaan ikan patin sering juga mendapat kendala karena adanya penyakit yang sering menyerang ikan tersebut, sehingga ikan tidak dapat bertahan hidup karena adanya Bakteri yang menyerang ikan tersebut oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menyarankan agar dipergunakannya teknologi untuk mengatasi masalah tersebut.Berdasarkan masalah diatas maka perlu adanya sebuah sistem untuk membantu pihak Perikanan dengan bidang keilmuan Sistem Pakar menggunakan metode Dempster Shafer untuk mendiagnosa jenis penyakit tersebut. Diharapkan dengan sistem tersebut dapat lebih cepat mendapatkan informasi, apakah ikan patin mengalami suatu penyakit.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem terpadu yang mampu menyelesaikan masalah yang dialami oleh para peternak ikan khususnya dalam mendiagnosa penyakit yang sering menyerang ikan patin. Diharapkan sistem yang diterapkan dapat dikembangkan lagi sering dengan perkembangan teknologi.

Author Biographies

citro natal sidauruk, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. F. C. Triara Puspitasari, Boko Susillo, “Implementasi Metode Dempster-Shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web,†J. Ilm. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2016.

P. S. Hasibuan and M. I. Batubara, “Penerapan Metode Dempster Shafer Dalam Mendiagnosa Penyakit Faringitis,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 59, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i1.1061.

E. Lestari and E. U. Artha, “Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, p. 16, 2017, doi: 10.23917/khif.v3i1.3342.

M. D. Sinaga and N. S. B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 94, 2016, doi: 10.31154/cogito.v2i2.18.94-107.

Q. A’yunin, B. Budianto, S. Andayani, and D. C. Pratiwi, “Analisis Kondisi Kesehatan Ikan Patin Pangasius sp. yang Terinfeksi Bakteri Edwardsiella tarda,†J. Aquac. Fish Heal., vol. 9, no. 2, p. 164, 2020, doi: 10.20473/jafh.v9i2.16192.

Downloads

Published

2022-07-20

URN