Implementasi Data Mining Dalam Memperoleh Pola Kombinasi Produk Ice Cream Di Luigi Gelato Menggunakan Algoritma Apriori

Penulis

  • Delpia Guci STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Nuryanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4104

Abstrak

Usaha kuliner menjadi trend usaha yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Salah satu kuliner yang menjadi trend adalah Ice Cream. Usaha ini menjadi produk yang paling dicari atau digemari oleh kalangan masyarakat. Salah satu usaha Ice Cream yang ada di kota Medan adalah Luigi Gelato. Namun tidak hanya Luigi Gelato, ada beberapa pesaing lainnya yaitu usaha Ice Cream sejenis, maka dari itu untuk mendapatkan hati pelanggan dan dapat bertahan di dalam persaingan usaha yang sangat bersaing, Luigi Gelato harus melakukan sebuah strategi yang berbeda dengan usaha sejenis yang lainnya. Salah satu strategi untuk mendapatkan pelanggan tetap yaitu dengan melakukan promosi Ice Cream.Dari permasalahan diatas, maka untuk melakukan pengoptimalan data penjualan Ice Cream di Luigi Gelato agar dapat membuat sebuah strategi promosi lewat kombinasi Ice Cream maka dapat dilakukan dengan menerapkan sebuah ilmu pengetahuan (Artificial Intelegent) yaitu Data Mining. Dalam permasalahan kasus seperti ini dapat diterapkan sebuah asosiasi menggunakan Algoritma Apriori .Dengan adanya penerapan Data Mining dengan Algoritma Apriori  dapat memberikan hasil aturan asosiasi dari setiap produk Ice Cream di Luigi Gelato untuk mendapatkan strategi dalam pembuatan pake promosi, dimana hasil dari sistem yang telah dibuat yaitu mendapatkan paket promosi untuk Ice Cream Hazelnat dan Ice Cream Coconut Gula Malaka, Ice Cream Hazelnut dan Ice Cream Summer Kiss, Ice Cream Summer Kiss dan Ice Cream Coconut Gula Malaka.

Biografi Penulis

Delpia Guci, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Nuryanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Referensi

L. Maulida, “Penerapan DataMining Dalam Mengelompokkan Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Unggulan Di Prov. Dki Jakarta Dengan K-Means,†JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 2, no. 3, p. 167, 2018, doi: 10.14421/jiska.2018.23-06.

D. Listriani, A. H. Setyaningrum, and F. Eka, “PENERAPAN METODE ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA APLIKASI ANALISA POLA BELANJA KONSUMEN (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),†J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 120–128, 2018, doi: 10.15408/jti.v9i2.5602.

H. Kusumo, E. Sediyono, and M. Marwata, “Analisis Algoritma Apriori untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,†Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 49, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.4000.

Hasanuddin, “PENGARUH PROSES PEMBUATAN ES KRIM TERHADAP MUTU ES KRIM BERBAHAN BAKU PISANG,†AgroIndustri, vol. 1, pp. 111–127, 2011.

Y. Praptiningsih and A. Rahma, “KARAKTERISTIK ES KRIM SUSU KACANG TUNGGAK (Vigna unguiculata L.) DENGAN VARIASI JUMLAH KARAGENAN DAN WHIPPING CREAM,†J. Agroteknologi, vol. 7, no. 02, pp. 150–156, 2013.

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN