Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada Kamera Canon EOS 350 D Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Agung Nugraha STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.4099

Abstract

Proses perbaikan kerusakan kamera sangat mudah jika mengetahui caranya khususnya bagi Project Art Production Camera Service dimana sebelumnya teknisi akan membongkar dan memeriksa satu persatu bagian kerusakan kamera, hal ini merupakan sebuah kendala karena terkadang akan menghabiskan banyak waktu untuk bisa mengetahui kerusakan apa yang terjadi.Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan membangun suatu sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan pada kamera canon Eos 350 D. Metode yang dipilih untuk mendeteksi kerusakan tersebut adalah Metode certainty factor.Hasil penelitian ini adalah pertama, penerapan metode certainty factor dengan cara menentukan nilai basis pengetahuan pada setiap gejala. Kedua, perancangan aplikasi menggunakan UML dan merancang database untuk kebutuhan interface serta Crystal Report untuk menyajikan hasil laporan. Ketiga, pengujian sistem dan perhitungan menggunakan metode certainty factor menghasilkan perhitungan yang sama dengan data uji manual. Keempat, hasil dari pengembangan sistem pakar menggunakan metode certainty factor dapat memecahkan permasalahan dalam mendeteksi kerusakan kamera canon Eos 350 D

Author Biographies

Agung Nugraha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. S. Lumoly, S. Emmy, M. G. S. J, U. S. Ratulangi, J. L. Kampus, and U. Manado, “INSIDENSI PENYAKIT BUSUK HITAM PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica oleracea var. Italica) DI TOMOHON,†Cocos, vol. 7, no. 4, 2016.

R. V. Sihombing, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Brokoli Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web,†vol. 8, no. April, pp. 470–473, 2020.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.16.

F. Ikorasaki, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tulang Dengan Menggunakan Metode Certainty factor,†Jik), vol. 1, no. 2, pp. 1–5, 2017.

R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN