Implementasi Metode Certainty Factor Dalam Mendeteksi Kerusakan Forklift Merek Linde Active

Authors

  • Muhammad Ridho Apriady STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.4097

Abstract

Kerusakan Forklift yang seringkali terjadi mengakibatkan perusahaan pemilik kendaraan forklift sering memanggil teknisi khusus untuk memperbaiki kerusakan tersebut, mulai dari kerusakan ringan hingga berat. Namun terkadang perusahaan harus menunggu lama teknisi yang menangangi kerusakakan forklift bahkan pada kerusakan yang ringan atau sekedar memeriksa kondisi forklift. Minimnya pengetahuan tentang kerusakan forklift pada CV Sinar Medan Lestari membuat pihak perusahaan seringkali memanggil teknisi khusus jika ingin memperbaiki kerusakan forklift.Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan membangun suatu sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan pada Forklift merek Linde Active. Metode yang dipilih untuk mendeteksi kerusakan tersebut adalah Metode certainty factor.Hasil penelitian ini adalah pertama, penerapan metode certainty factor dengan cara menentukan nilai basis pengetahuan pada setiap gejala. Kedua, perancangan aplikasi menggunakan UML dan merancang database untuk kebutuhan interface serta Crystal Report untuk menyajikan hasil laporan. Ketiga, pengujian sistem dan perhitungan menggunakan metode certainty factor menghasilkan perhitungan yang sama dengan data uji manual. Keempat, hasil dari pengembangan sistem pakar menggunakan metode certainty factor dapat memecahkan permasalahan dalam mendeteksi kerusakan forklift merek Linde Active.

Author Biographies

Muhammad Ridho Apriady, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Sujadi and E. Suhaeni, “Sistem Pakar Penyakit Dengan Gejala Demam Menggunakan Perangkat Mobile Berbasis Android,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2016, no. Sentika, pp. 2089–9815, 2016.

A. H. Aji, M. T. Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 5, pp. 2127–2134, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1556.

P. K. R. Pasaribu, L. T. Sianturi, and P. Pristiwanto, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome Pada Manusia Dengan Menggunakan METODE Certainly Factor,†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 6, pp. 119–123, 2016.

R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

A. Rizaldi, A. Voutama, and S. Susilawati, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Kategori Tingkat Demam Berdarah,†Gener. J., vol. 5, no. 2, pp. 91–101, 2021, doi: 10.29407/gj.v5i2.16015.

Downloads

Published

2022-06-06

Issue

Section

Articles

URN