Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Sscarlet Pada Anak Dengan Metode Dempster Shafer Di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati

Authors

  • Fadillah Anggaraini STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.4092

Abstract

Demam scarlet (scarlet faver) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Streptococcus dan bakteri yang menimbulkan demam tinggi pada seseorang, nyeri kepala, muntah, menggigil dan timbul ruam merah pada kulit dan memiliki beberapa gejala lainnya pada penderita, Bakteri Streptococcus β hemolyticus Grup A atau yang juga disebut dengan Streptococcus pyogenes merupakan salah satu bakteri patogen yang banyak menginfeksi manusia umumnya sering terjadi pada anak dan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu tim medis.Secara umum untuk mengetahui penyakit ini harus konsultasi ke dokter spesialis, namun dengan yang dapat digunakan untuk mengetahui gejala-gejala Demam scarlet salah satunya adalah sistem pakar..Hasil yang didapat dari penelitian perkembangan teknologi informasi dalam bidang komputer sekarang ini ada solusi ini adalah memudahkan para medis dalam mendeteksi penyakit demam scarlet dan terciptanya aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer

Author Biographies

Fadillah Anggaraini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Darmawan, “Diagnosis Eksantema Akibat Infeksi,†vol. 47, no. 3, pp. 173–177, 2020.

F. Aini, A. Djamal, and E. Usman, “Identifikasi Carrier Bakteri Streptococcus β hemolyticus Group A pada Murid SD Negeri 13 Padang Berdasarkan Perbedaan Umur dan Jenis Kelamin,†J. Kesehat. Andalas, vol. 5, no. 1, pp. 145–148, 2016, doi: 10.25077/jka.v5i1.459.

A. R. MZ, I. G. P. S. Wijaya, and F. Bimantoro, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit pada Manusia dengan Metode Dempster Shafer,†J. Comput. Sci. Informatics Eng., vol. 4, no. 2, pp. 129–138, 2020, doi: 10.29303/jcosine.v4i2.285.

N. I. K. Dewi Fauziah, Husni Mubarok, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hewan Peliharaan Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2018.

M. D. Sinaga, N. Sari, and B. Sembiring, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella,†pp. 94–107.

Downloads

Published

2020-09-29

URN