Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemilihan Jasa Pengiriman Ikan Hias Yang Tepat Dengan Menggunakan Metode Organization Rangement ET Sythese De Donnes Relationneles (ORESTE)

Authors

  • Aura Sakinah STMIK Triguna Dharma
  • Kairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4090

Abstract

Jasa pengiriman barang adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara pribadi maupun bersama-sama dalam suatu tempat untuk memberikan pelayanan jasa berupa pengiriman barang, baik antar kota, antar pulau dan antar negara. Jasa juga merupakan suatu aktivitas yang bermanfaat dan yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain.Agar mempermudah dalam proses penentuan keputusan terkait pemilihan jasa pengiriman ikan hias yang tepat maka dibuatlah sebuah program Sistem Pedukung keputusan. Sistem pendukung keputusan merupakan sistem yang berbasis komputer yang dapat membantu pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah tertentu dengan memanfaatkan data. Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menentukan suatu hal yang memiliki nilai kriteria yang dimana semakin banyak kriteria yang dipilih semakin besar kemungkinan sistem akan memilih objek tersebut.Dalam penyelesaian masalah terkait penentuan jasa pengiriman ikan hias yang tepat, metode  yang digunakan adalah meotde ORESTE. Metode ORESTE ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Author Biographies

Aura Sakinah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rini Kustini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. Saputra and T. R. Efianda, “Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Ikan Cupang Sebagai Ikan Hias Yang Berpotensi Meningkatkan Pendapatan Masyarakat,†J. Mar. Kreat., vol. 2, no. 1, pp. 44–49, 2020, doi: 10.35308/.v2i1.2274.

Renita, Rachinmi, and E. I. Raharjo, “PENGARUH SUHU TERHADAP WAKTU PENETASAN , DAYA TETAS TELUR DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN CUPANG ( Betta Splendens ) Effect Of Temperature On Hatching Time , Hatching Rate and The Survival Rate Of Betta Fish ( Betta Splendens ) Larvae,†J. Akuakultur, vol. 2, no. 1, 2014.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

Astiani, “Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode Roc ( Rank Order Centroid ) Dan Metode Oreste Berbasis Mobile Web,†Informatika, vol. 12, no. 2, pp. 125–140, 2016.

A. Alwendi and D. Aldo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Toko Handphone Terbaik Di Kota Padangsidimpuan Menggunakan Metode Oreste,†Jursima, vol. 8, no. 1, p. 10, 2020, doi: 10.47024/js.v8i1.190.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles

URN