Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Jumlah Persediaan Bahan Baku Beras Menggunakan Algoritma Regresi Linear Berganda Pada CV. Fountain

Authors

  • Pirton Aruan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.4082

Abstract

Persediaan adalah sumber daya menganggur yang menunggu proses lebih lanjut. Dengan adanya perencanaan persediaan, perusahaan dapat memenuhi pesanan pembeli secara cepat dan tepat, serta tidak akan menimbulkan persediaan berlebih yang dapat mengakibatkan penggunaan dana tidak efisien. Sehingga kegiatan prencanaan dan pengendalian persediaan yang efektif dan efisien sangat diperlukan.       Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan data mining pada metode Regresi Linear Berganda. Regresi Linear yang merupakan salah satu metode statistik yang dipergunakan dalam produksi untuk melakukan peramalan ataupun prediksi tentang karakteristik kualitas maupun kuantitas. Untuk melakukan analisa regresi yaitu memerlukan perkiraan mengenai arah serta kekuatan dalam hubungan linier dan variabel dengan melakukan pencarian mengenai koefisien korelasinya.       Hasil penelitian ini diterapkannya dapat mengontrol pasokan bahan baku untuk memudahkan proses produksi yang ditargetkan dan dapat berjalan dengan baik dan juga layanan terhadap dapat tersalurkan dengan maksimal.

Author Biographies

Pirton Aruan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

D., A., " Implementasi Data Mining untuk Prediksi Persediaan Obat pada Puskesmas Kertapati menggunakan Regresi Linier Berganda," JURNAL SISTEM DAN INFORMATIKA (JSI), vol. Volume 15 No.2, 2020.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, " Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma FP-growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018.

A.Mabrur And R.Lubis, " Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kriteria Nasabah Kredit," Jurnal Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vo1. No1, 2018.

Downloads

Published

2019-04-30

URN