Rancang Bangun Alat Memprediksi Covid 19 pada perkantoran Menggunakan Gy 90614 Dan Pulse Sensor Dengan Teknik Simplex Berbasis Arduino

Authors

  • Arya Fadillah STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ishak Ishak STMIK TRIGUNA Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4081

Abstract

Covid-19 ialah penyakit wabah virus yang sangat berbahaya dan sangat menulat cepat yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Sydrome(MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Tanda dan gejala umum infeksi Covid-19 antara lain gejala gangguan pernapasan, demam batuk, jantung, dan sesak nafas.dengan penuntun pecegahan dan pengendalian Covid-19, yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan tersebut, diharuskan karantina sendiri yang diterapkan pada sesesorang dengan keadaan Orang Tanpa Gejala(OTG), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan(ODP) dengan gejala kecil.Dengan adanya alat yang akan dirancang ini merupakan alat yang mampu memberikan informasi kondisi suhu tubuh dan detak jantung pada seseorang tersebut, dalam hal ini memanfaatkan sensor GY-90614 berguna untuk mendeteksi suhu tubuh dan Pulse Sensor berguna untuk mendeteksi detak jantung, pembacaan hasil yang akan diperiksa akan ditampilkan di Oled Lcd tersebut sehinggah seseorang bisa melihat hasil yang diproses.

Author Biographies

Arya Fadillah, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM KOMPUTER

Ishak Ishak, STMIK TRIGUNA Dharma

Sistem Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

“4 Alasan Mengapa Virus Corona Bisa Sangat Mematikan.†https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5226556/4-alasan-mengapa-virus-corona-bisa-sangat-mematikan (diakses Feb 16, 2021).

“Pengertian Suhu dan Perubahannya - Kelas Pintar.†https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/pengertian-suhu-dan-perubahannya-3951/ (diakses Feb 16, 2021).

“(No Title).†https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/KMK_No._HK.01.07-MENKES-413-2020_ttg_Pedoman_Pencegahan_dan_Pengendalian_COVID-19.pdf (diakses Feb 23, 2021).

P. N. Xii, “No Analisis struktur kovarian indikator terkait kesehatan pada lansia di rumah dengan fokus pada kesehatan subjektif Title,†hal. 1–21, 2011.

“KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.â€

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles

URN