Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Pemberian Kredit Perabot Dan Elektronik Rumah Tangga Bagi Calon Pelanggan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Sania Damayanti Munthe Stmik Triguna Dharma
  • Hendryan Winata Stmik Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4078

Abstract

   Kredit berasal dari kata cedere yang artinya adalah kepercayaan atau credo/creditum yang berarti saya percaya, maksudnya adalah apabila seseorang memperoleh kredit (debitur) maka berarti mreka memperoleh kepercayaan. Pelanggan atau sebagai kreditur barang perabotan yang terlibat secara langsung serta ikut di dalam proses jasa kredit tersebut. Dalam kegiatan pengambilan keputusan dalam menentukan ]kreditur barang perabotan yang dilakukan dengan proses analisis secara manual (konvensional), hal ini menyebabkan kendala saat pembuat keputusan dalam mengambil kebijakan menentukan kelayakan kredit yang diajukan oleh calon pelanggan kurang efisien dan tidak akurat                Permsalahan tersebut memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam menentukan kelayakan pelanggan kredit barang perabotan dengan menggunakan keilmuan yang dapat menyimpulkan hasil keputusan adalah sistem pendukung keputusan.               Diantara metode sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan kelayakan pelanggan kredit barang perabotan yaitu, Fuzzy tsukamoto. Fuzzy tsukamoto merupakan proses inferensi dilakukan dengan aturan (rule) berbentuk IF-THEN dan menggunakan operasi AND, dimana akan dipilih nilai yang lebih minimum (MIN) dari dua variabel yang ada.                Hasil penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan dan mendapatkan keputusan menentukan yang akan digunakan tepat dari suatu yang samar dan hasil yang didapatkan sebagi patokan penetuan pelanggan kredit barang perabotan. Kata Kunci: Fuzzy Tsukamoto, Kredit, Pelanggan, Perusahaan, Sistem Pendukung Keputusan

Author Biographies

Sania Damayanti Munthe, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem informasi

References

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean and H. T. Sihotang, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Ahp Pada Kantor Kelurahan Mangga," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. Volume 2 No 1, no. 2541 - 3724, pp. 22 - 31, 2017 .

H. H. and M. S. Abdillah, "Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. VI No.3, pp. 98 - 104, 2017.

N. Novita, "Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa," Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , vol. I No.1, no. 2541 - 2019, pp. 51 - 54, 2016.

A. T. Purba, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Jurnal Tekinkom, vol. IV, no. 1, pp. 1 - 7, 2018.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM), Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2017.

R. TAUFIQ and H. P. SARI, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto," Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. VIII, no. 1, pp. 6 - 10, 2019.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles

URN