Penerepan Data Mining Untuk Penentuan Pola Transaksi Penjualan Bahan Bangunan Pada Toko Bangun Indah Jaya Menggunakan Algoritma FP-Growth

Authors

  • Meysun Ramadhani STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4074

Abstract

Toko Bangunan Indah Jaya yang terletak di JL.Sidodadi. Deli Tua, Kec.Namorambe, Kab.Deli Serdang merupakan salah satu bisnis perdagangan bahan bangunan. Toko Bangun Indah Jaya merupakan sebuah toko yang menjual berbagai macam bahan bangunan yang cukup lengkap untuk tujuan pembangunan atau konstruksi. Berdasarkan wawancara, Toko Bangunan Indah Jaya memiliki beberapa permasalahan pada kegiatan penjualan dan penyetokkan bahan bangunan. Masalah yang dimiliki Toko Bangun Indah Jaya diantaranya, catatan transaksi penjualan, pembelian, dan perhitungan data stok barang yang dilakukan masih dengan cara manual yang mencatat data, dan data transaksi tidak maksimal dan efisien.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menentukan penyetokan masing-masing masing-masing bahan bangunan,berdasarkan tingkat transaksi item bahan bangunan dengan menggunakan teknik data mining. Adapun metode yang digunakan yaitu metode FP-Growth, dengan menggunakan metode pemilik toko dapat mengambil keputusan untuk menentukan penyetokkan bahan bangunan berdasarkan tingkat data transaksi penjualan di Toko Bangun Indah Jaya.

Author Biographies

Meysun Ramadhani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Syahril, K. Erwansyah, and M. Yetri, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Peralatan Sekolah Pada Brand Wigglo Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 1, p. 118, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i1.202.

R. Amelia and D. P. Utomo, “Analisa Pola Pemesanan Produk Modern Trade Independent Dengan Menerepakan Algoritma Fp. Growth (Studi Kasus: Pt. Adam Dani Lestari),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 416–423, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1622.

A. Daniarsyah, “11 Macam Bahan Bangunan beserta Kegunaannya Lengkap,†PT.Wira Griya, 2020. https://wira.co.id/bahan-bangunan-adalah/.

K. Erwansyah, “Implementasi Data Mining Untuk Menganalisa Hubungan Data Penjualan Produk Bahan Kimia Terhadap Persedian Stok Barang Menggunakan Algoritma FP ( Frequent Pattern ) Growth Pada PT . Grand Multi Chemicals,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD (J-SISKO TECH), vol. 2, no. 2, pp. 30–40, 2019.

I. K. Juni Arta, G. Indrawan, and G. R. Dantes, “Data Mining Rekomendasi Calon Mahasiswa Berprestasi Di Stmik Denpasar Menggunakan Metode Technique for Others Reference By Similarity To Ideal Solution,†JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 5, no. 2, p. 792, 2017, doi: 10.23887/jst-undiksha.v5i2.8549.

Ninla Elmawati Falabiba, “Kajian Literatur,†2019.

Deddy Ackbar Rianto, “Bab II Landasan Teori,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2018.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles

URN