Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Menu Kopi Yang Dapat Di Pesan Oleh Konsumen Pada Kafe Uleekareng Johor Dengan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) Berbasis Android

Authors

  • Marantha Br Sitinjak STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.4070

Abstract

Kafe Uleekareng Johor adalah salah satu tempat yang menyajikan menu kopi. Kopi yang disajikan berbagai jenis kopi seperti kopi arabika, kopi robusta, dan jenis kopi lainnya. Banyaknya pilihan menu kopi yang disediakan oleh pihak kafe membuat para pengunjung sulit untuk menentukan mana menu yang akan di pilih, untuk itu perlu ditentukan kriteria – kriteria yang diinginkan oleh pengunjung tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dibuatlah sistem dengan menggunakan salah satu ilmu pengetahuan Artificial Intelegent yaitu sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode MOORA untuk menentukan keputusan. Dari hasil penerapan metode MOORA pada sistem pendukung keputusan, didapatkan hasil keputusan untuk membantu konsumen dalam menentukan menu kopi yang akan dipesan.

Author Biographies

Marantha Br Sitinjak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sumbar, “JUSIE,†vol. IV, pp. 1–7, 2019.

S. Irwanti, “Warung Kopi dan Gaya Hidup Modern,†J. Al-Khitabah, vol. III, no. 1, pp. 33–47, 2017.

H. Situmorang, B. Damanik, S. Sibagariang, I. H. G Manurung, and U. Sari Mutiara Jl Kapten Muslin No, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Topsis Pada Perusahaan Leasing Cs Finance,†vol. 4, no. 2, pp. 2502–714, 2019.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

B. Andika, H. Winata, and R. I. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Duta Sekolah untuk Lomba Kompetensi Siswa Menggunakan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( Electre ),†Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 47–54, 2019.

Downloads

Published

2022-07-20

URN