Expert System Untuk Mendiagnosa Anxiety Disorder Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Tamara Sekar Adhiva STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.4068

Abstract

Rasa cemas adalah respon yang sehat dan normal terhadap ancaman yang dirasakan, namun dapat dikatakan sebagai penyakit saat sudah mulai berdampak pada aktivitas sehari-hari bahkan keadaan emosional. Penyakit ini disebut Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder) dimana penderitanya mengalami rasa cemas dan khawatir yang berlebihan tanpa alasan yang jelas. Anxiety Disorder adalah gangguan kejiwaan paling umum yang sering tidak disadari bahkan sengaja diabaikan karna kurangnya informasi tentang hal ini. Masyarakat tidak tau apa yang sedang dialaminya dan kemana mereka harus mencari pengobatan. Untuk membantu masyarakat melakukan konsultasi awal tanpa harus bertemudengan profesional seperti psikolog, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pakar untuk mendiagnosa besarnya kemungkinan gangguan kecemasan dengan penerapan metode Teorema Bayes. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Sehingga masyarakat dapat mengupayakan hal-hal yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental dan mau mencari pengobatan yang efektif apabila mulai merasakan gangguan-gangguan pada mental.

Author Biographies

Tamara Sekar Adhiva, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Santoso, “Permasalahan Kesehatan Mental di Masa Covid-19,†vol. 1, no. 1, pp. 74–89, 2021.

I. A. Ridlo and R. A. Zein, “Arah Kebijakan Kesehatan Mental : Tren Global dan Nasional Serta Tantangan Arah Kebijakan Kesehatan Mental : Tren Global dan Nasional Serta Tantangan Aktual,†no. April, 2018, doi: 10.22435/bpk.v46i1.4911.CITATIONS.

N. A. Haizir, P. Subramaniam, S. E. Ghazali, N. C. Din, and N. Amit, “A Review on Online Intervention for Anxiety Disorder,†vol. 34, no. 1, pp. 75–87, 2020.

R. Yusuf, H. Kusniyati, and Y. Nuramelia, “APLIKASI DIAGNOSIS GANGGUAN KECEMASAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB DENGAN PHP DAN,†vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2016.

H. T. Sihotang et al., “SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT HERPES ZOSTER,†vol. 3, no. 1, 2018.

Downloads

Published

2020-02-28

URN