SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN MESIN TANDEM LOLLER DENGAN MENERAPKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Authors

  • Romi Romi Sistem Informasi
  • Muhammad Syahril Sistem Informasi
  • Ismawardi Santoso Sistem Infomasi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.4065

Abstract

Tandem Roller merupakan alat berat yang berfungsi sebagai alat pemadat dan meratakan, biasanya dikenal juga dengan nama compactor yang fungsinya untuk proses pemadatan lahan atau area tertentu sesuai dengan kebutuhan. Compactor memiliki jenis yang berbeda-beda dan pastinya memiliki spesifikasi berbeda pula sesuai dengan kebutuhannya. Kali ini yang akan dibahas adalah tandem roller atau penggilas tandem. Alat ini biasanya digunakan pada tahap akhir dalam suatu konstruksi jalan aspal beton, ini digunakan supaya bisa mendapatkan hasil permukaan yang rata.penelitian ini akan membangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pemberian solusi masalah kerusakan Tandem Loller. Maka akan digunakan sebuah teknik pengetahuan Artificial Inteligence yaitu Sistem Pakar (Expert System) yang sekiranya dapat membantu dalam proses mendeteksi kerusakan yang terjadi dan memberikan solusi dengan efektif dan efisien dan juga secara optimal. Metode Certainty Factor (CF) bisa digunakan untuk mencari solusi dari permasalahan berdasarkan dari pengalaman kasus dimasa lalu, sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan untuk selanjutnya kasus serta solusinya disimpan untuk kemudian dapat digunakan kembali untuk memecahkan kasus baru. Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk memudahkan team montir mengetahui diagnose kerusakan mesin tandem loller dengan menerapkan metode certainty factor dengan cepat dan efesien.

Author Biographies

Romi Romi, Sistem Informasi

STMIK TRIGUNA DHARMA

Muhammad Syahril, Sistem Informasi

STMIK Triguna Dharma

Ismawardi Santoso, Sistem Infomasi

STMIK Triguna Dharma

References

Y. T. Qussay Rizhain And M. Sumadyo, “Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Mesin Sepeda Motor Non Matic Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Dan Log., Vol. 4, No. 2, Pp. 69–77, 2016.

F. Chaining And C. Factor, “1) , 2) 1,†Vol. 8, No. 2, 2020.

Zu. Azmi, Pengantar Sistem Pakar Dan Metode, Edisi I. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

P. S. Ramadhan, Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pe. Desa Sidoarjo Kec Pulung Kab Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

S. Nurajizah And M. Saputra, “Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Dengan Metode Forward Chaining,†None, Vol. 14, No. 1, Pp. 7–14, 2018.

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal Menggunakan Teorema Bayes,†J. Ris. Komput., Vol. 3, Pp. 18–22, 2016.

B. H. Hayadi, Sistem Pakar, Ed 1. Yogyakarta: Budi Utama, 2018.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, And S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tht,†J. Tek. Elektro, Vol. 10, No. 1, Pp. 30–35, 2018, Doi: 10.15294/Jte.V10i1.14031.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, And S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. Dan Tek. Inform., Vol. 2, No. 1, P. 29, 2017, Doi: 10.30645/Jurasik.V2i1.16.

P. Ane, K. Pratasis, R. Masalah, And P. Masalah, “Kelayakan Investasi Studi Kasus Alat Berat Bulldozer, Excavator Dan Dump Truck Di Kota Manado,†Sipil Statik, Vol. 4, No. 9, Pp. 533–539, 2016.

Downloads

Published

2021-05-29

Issue

Section

Articles

URN