Decision Support System Menentukan Kelayakan Calon Penerima Pinjaman Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Menggunakan Metode Additive Ratio Assassment (Aras) Di Desa Rambung Sialang Hulu

Authors

  • Nurainun Hakiki STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.4062

Abstract

BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) adalah badan usaha yang besar modalnya dimiliki oleh desa guna untuk mengola asset, jasa pelayanan, dan usaha lain yang tidak bertentangan dengan BUMDES. Saat ini pihak BUMDES mengalami beberapa kendala yaitu dalam menentukan siapa yang layak mendapatkan modal pinjamn, penganalisa data calon masih dilakukan secara manual karena belum adanya sistem yang terkomputerisasi.Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem untuk menentukan kelayakan calon penerima pinjaman BUMDES secara tepat sasaran yaitu dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dimana sistem ini dapat membantu sseseorang dalam memecahkan suatu permasalahan. Metode Additive Ratio Assessment (ARAS) adalah salah satu metode pengambilan keputusan multi kriteria berdasarkan pada konsep perangkingan, dengan menggunakan Utility Degree yaitu dengan membandingkan nilai indeks keseluruhan.Hasil yang diharapkan adalah dengan adanya sistem pendukung keputusan menggunakan metode Additive Ratio Assessment yang digunakan ini dapat membantu pihak BUMDES memecahkan masalah yang dihadapi.

Author Biographies

Nurainun Hakiki, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Nurul Putri Utami, Hasanul Fahmi, and Anita Sindar, “Spk Penentuan Pemberian Pinjaman Kepada Anggota Bumdes Dengan Metode Simple Additive Weighting,†SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, pp. 124–130, 2019, doi: 10.31598/sintechjournal.v2i2.317.

E. Rohadi, M. U. Pamenang, and R. Krisdiyanto, “Sistem Informasi Rekomendasi Pemilihan Perumahan di Kawasan Kabupaten Malang,†2020.

S. Damanik and D. P. Utomo, “Implementasi Metode ROC ( Rank Order Centroid ) Dan Waspas Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kerjasama Vendor,†KOMIK, vol. 4, pp. 242–248, 2020, doi: 10.30865/komik.v4i1.2690.

R. Fachrizal, “Implementasi ARAS ( Additive Ratio Assessment ) Dalam Pemilihan Kasir Terbaik Studi Kasus Outlet Cardinal Store Plaza Medan Fair,†pp. 501–510, 2019.

F. Pratiwi, fince tinus Waruwu, dito putro Utomo, and R. Syahputra, “Penerapan Metode Aras Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V,†SAINTEKS, pp. 651–662, 2019.

Downloads

Published

2020-12-30

URN