Implementasi Data Mining Dengan Metode Fp-Growth Untuk Strategi Promosi Pada Toko Cool Kids Plaza Medan Fair
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v4i6.4055Abstract
Seiring dengan terus meningkatnya kebutuhan perlengkapan pakaian anak-anak di kota besar seperti kota Medan, mengakibatkan banyak pengusaha memanfaatkan keadaan tersebut sebagai peluang untuk membuka usaha tempat menjual berbagai macam perlengkapan pakaian anak-anak dan bayi. Persaingan di dalam dunia bisnis pakaian sangat ketat, khususnya dalam startegi promosi. Setiap perusahaan berusaha memberikan fasilitas yang terbaik. Oleh karena itu, setiap perusahaan berusaha mencari strategi-strategi promosi yang tepat untuk mempromosikan usahanya.Bila sasaran promosi tidak ditentukan secara baik, dalam artian tidak mengupayakan mencari sasaran dalam promosi yang potensial, maka hanya akan dapat menghabiskan banyak waktu serta biaya yang seharusnya bisa dapat diminimalisirkan melalui pemilihan target promosi yang baik dan benar. Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Implementasi Data Mining Dengan Metode FP-Growth Untuk Staregi Promosi Pada Toko Cool Kids Plaza Medan Fairâ€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar meningkatkan penjualan Toko Cool Kids Plaza Medan Fair. Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem dengan melihat pola penjualan akan memberikan jawaban bentuk promosi apa yang tepat untuk dilakukan. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu Toko Cool Kids Plaza Medan Fair.References
A. Ikhwan, D. Nofriansyah, and Sriani, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma ),†Saintikom, vol. 14, no. 3, pp. 211–226, 2015.
P. Soepomo, “PENGGUNAAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN ATURAN ASOSIASI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT DI APOTEK (Studi Kasus : APOTEK UAD),†JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 3, pp. 130–139, 2014, doi: 10.12928/jstie.v2i3.2883.
M. Karuntu and J. Kantohe, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado,†J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 66–77, 2014.
Mp. Muhammad Arifin, “Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi,†J. EduTech, vol. 3, no. 1, pp. 118–132, 2017.
W. Hidayat, L. Dewi, and K. Krismawati3, “Media Desain Majalah Guna Penunjang Promosi Dan Informasi Pada Smk Bina Am Ma’Mur,†ICIT J., vol. 2, no. 2, pp. 238–247, 2016, doi: 10.33050/icit.v2i2.37.
Y. Mardi, “Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,†J. Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 213–219, 2017.
S. Kurniawan, W. Gata, and H. Wiyana, “Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus: MT Shop Kelapa Gading),†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2018 (SENTIKA 2018), vol. 2018, no. 8, pp. 61–69, 2018.
J. Eska, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4.5,†vol. 2, 2018, doi: 10.31227/osf.io/x6svc.
D. P. Larasati, M. Nasrun, and U. A. Ahmad, “Analisis Dan Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Aplikasi Smart Untuk Menentukan Market Basket Analysis Pada Usaha Retail (Studi Kasus Pt X),†e-Proceeding Eng., vol. 2, no. 1, pp. 749–755, 2015.
B. S. Hasugian, “Penerapan Metode Association Rule Untuk Menganalisa Pola Pemakaian Bahan Kimia Di Laboratorium Menggunakan Algoritma FP-Growth ( Studi Kasus di Laboratorium Kimia PT . PLN ( Persero ) Sektor Pembangkitan Belawan Medan ) Buyung Solihin Hasugian Universitas,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 03, no. 02, pp. 56–69, 2019.