Sistem Pakar Mendiagnoasa Penyakit Ginjal Pada Kucing Anggora Dan Persia Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Anisa Ayudina Anisa ayudina Stmik triguna dharma medan
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Mochammad Iswan Perangin-angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.4051

Abstract

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Sebagai pemelihara kucing diharapkan dapat mengetahui pencegahan maupun perawatan berbagai macam penyakit pada kucing agar tidak mengganggu kesehatan lingkungan. Salah satu penyakit yang kerap muncul adalah ginjal.Berdasarkan permasalahan, maka akan dibangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pemberian solusi masalah penyakit ginjal tanpa harus konsultasi secara langsung ke pakar. Dikarenakan pada saat ini masih banyak masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya. Dimana penelitian ini akan menerapkan sebuah kecerdasan buatan yaitu Sistem Pakar (Expert System) agar dapat membantu masyarakat untuk melakukan konsultasi penyakit ginjal dan menerapkan metode Teorema Bayes.Hasil dari penelitian ini dengan sistem pakar yang diterapkan dalam mendiagnosa penyakit berdasarkan analisa dari seorang pakar dalam penyakit ginjal diharapkan dapat membantu masyarakat dalam proses penanganan untuk pencegahan terjadinya penyakit ginjal.

Author Biographies

Anisa Ayudina Anisa ayudina, Stmik triguna dharma medan

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mochammad Iswan Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Nurajizah, M. Saputra, M. Informatika, and S. Informasi, “SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT,†vol. 14, no. 1, pp. 7–14, 2018.

S. Aprilia, H. Taufiq, “APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER,†Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008).

Yanuartono, N. Alfaris, I. Soedarmanto, “Penyakit Ginjal Kronis pada Anjing dan Kucing: Manajemen Terapi dan Diet,†JSV 35 (1), Juni 2017 , pp. hal 1-19, 2017.

I. D. Rina, Z. Imam “SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT PADA KUCING PERSIA,†Jurnal SPIRIT Vol.9No. 2 Nopember 2017, hal40-47

L. Hersatoto, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†Jurnal Teknologi Informasi DINAMIKVolume XIII, No.2, Juli 2008 : 115-124

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN