Sistem Pakar Mendiagnosis Penyakit Mealybug Wilt Pada Nanas Menggunakan Certainty Factor

Authors

  • Listera Hia STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Mukhlis Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Sri Kusnasari STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.4048

Abstract

Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang bersalah dari Brazil, Bolivia dan Paraguay yang memiliki nama ilmiah Ananas Comosus L. Berdasarkan pengamatan kejadian di areal pertanaman nanas, jelas terlihat bahwa serangan patogen Pineapple Mealybug Wilt Associated Virus banyak terjadi di lahan yang menyebabkan tanaman nanas terkena penyakit Mealybug Wilt atau Penyakit Layu yang dapat menyebabkan tanaman nanas mati, sehingga buah nanas yang terserang oleh virus tersebut tidak dapat digunakan untuk diproduksi jadi minuman sari nanas tonggi dan dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar. Kurangnya pengetahuan akan hal yang menyerang tanaman tersebut menyebabkan kesalahan saat mendiagnosis penyakit yang menyerang tanaman dan cara pengendaliannya. Solusi untuk mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan membangun sistem yang memiliki pengetahuan seperti pakar dalam mengidentifikasi dan menganalisis suatu masalah. Adapun sistem ini dikenal dengan sistem pakar. Salah satu metode yang digunakan pada sistem pakar untuk menghitung probabilitas ketidakpastian tersebut yaitu Certainty Factor. Hasil dari sistem ini menunjukan bahwa dengan penerapan sistem pakar menggunakan metode Certainty Factor dapat membantu UD. Nanas Tonggi Aron dalam mendiagnosis penyakit Mealybug Wilt pada tanaman nanas dengan tepat dan cepat. 

Author Biographies

Listera Hia, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Sri Kusnasari, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

Novia Diana Putri, Agus Sutanto, Rasuane Noor, “Perbandingan Hasil Pertumbuhan Nanas Queen Dan Nanas Madu (Cayenne) Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Panduan Praktikum Materi Pertumbuhan Dan Perkembanganâ€, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro, pp.117-122.

Siti Rodliyatun, Sinta Triyanti, Sugeng Heri Suseno, Danang Aria Nugroho, Widodo, “Standar Operasional Prosedur Budi Daya Nanas Sebagai Upaya Penanggulangan Serangan Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Nanas†, Pusat Inovasi Masyarakat, vol.1, November 2019, pp. 13-20.

Khairina Eka Setyaoutri, Abdul Fadlil, Dan Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosis Penyakit THTâ€, Teknik Elektro, Vol.10, No.1, Juni 2018, pp.30-35.

Annahl Riadi, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus Pada RSUD bum Panua Kabupaten Pohuwatoâ€, Ilkom, Vol.9, No.3, Desember 2017, pp.309-316

Adi Sucipto, Yusra Fernando, Rohmat Indra Borman, Nisa Mahmuda, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Diagnosis Penyakit Saraf Tulang Belakangâ€, Ilmiah FIFO, Vol.10, No.2, November 2018, pp18-26.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN