Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Pneumonia Pada Anak Dengan Metode Teorema Bayes Dan Certainty Factor

Penulis

  • Dinda Arianti Stmik Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho Stmik Triguna Dharma
  • Guntur Syahputra Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i5.4044

Abstrak

Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut dengan paru-paru basah. Penyakit ini merupakan penyakit yang serius dan dapat mengancam nyawa manusia, Pneumonia paling serius jika terjadi pada bayi dan anak-anak. Bayi dan anak-anak lebih rentan terhadap penyakit ini karena respon imunitas mereka masih belum berkembang dengan baik. Terjadinya Pneumonia ditandai dengan gejala batuk dan atau kesulitan bernapas seperti napas cepat, dan tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam Permsalahan   tersebut   dapat   diselesaikan   dengan   ilmu teknologi yang sudah canggih saat ini supaya pasien ataupun masyarakat dapat mendiagnosa penyakit yang ada Pneumonia tanpa harus berkonsultasi pada para pakarnya, dan salah satu yang dapat dilakukan ialah Sistem Pakar. Dalam membangun Sistem Pakar dibutuhkan suatu dua metode yang terdapat sistem pakar salahsatunya Teorema Bayes dan Certainty Factor.Hasil penelitian ini dapat mendiagnosa penyakit Pneumonia lebih akurat dan efisien dengan mendapatka dua hasil diagnosa sebagai perbadingan hasil diagnosa.  Kata Kunci: Anak-Anak, Certainty Factor, Pneumonia, Sistem Pakar, Teorema Bayes

Biografi Penulis

Dinda Arianti, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Guntur Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

M. . V. CANDRA, J. L. LUKAS, L. ADRIANI and H. ADRIANTO, "HANG TUAH MEDICAL JOURNAL," Aktivitas Ekstrak Buah Takokak (Solanum torvum) terhadap Mortalitas Cacing Gelang Dewasa, vol. XVI, no. 2, pp. 204-216, 2019.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS ANDROID," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

P. S. Ramadhan and S. Nurarif, "Penerapan Teorema Bayes Untuk Mediagnosa Defisiensi Imun,"

Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol. XIV, no. 2, pp. 103-110, 2019.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Diterbitkan

2021-05-29

Terbitan

Bagian

Articles

URN