Kelayakan Kondisi Tanah Untuk Tanaman Monstera Adansonii Menggunakan Metode Oreste

Authors

  • Yuda Handika STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Sobirin Sobirin STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.4039

Abstract

Lahan atau bisa disebut juga tanah adalah sebuah zat yang berisi berbagai macam mineral seperti mineral primer, sekunder dan batuan induk, serta zat amorf. Kadar Potensial of hydrogen didalam tanah berbeda-beda maka dari itu penting untuk menentukan kelayakan suatu kondisi tanah untuk tanaman Monstera Adansonii. Di bumi tanah merupakan inti dari kehidupan dikarenakan tanah dapat membantu tumbuhan dalam menyuplai unsur hara, air, dan juga penopang akar. Struktur tanah yang berongga sangat baik untuk tempat bernafas akar dan tumbuh. Tanah juga menjadi tempat hidup bagi para mikroorganisme yang baik untuk pertumbuhan tanaman Monstera Adansonii diantaranya mikroorganisme bakteri fiksasi nitrogen, mikroba pelarut fosfat, mikoriza, rizobakteri, dan masih banyak lagi. Dikarenakan sifat dan unsur tanah yang berbeda-beda, maka dibutuhkan Decision Support System dalam menentukan kondisi lahan yang layak atau tidaknya untuk sebuah tanaman. karena dapat mempengaruhi tingkat kesubururan maupun pertumbuhan bagi tanaman hias Dari permasalahan yang dijelaskan tersebut, dibutuhkan suatu sistem yang membantu dalam mengambil keputusan dalam menentukan tanah yang tepat untuk penanaman Monstera Adansonii.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Oreste yang dapat membantu dalam menentukan kualitas tanah untuk media penanaman Monstera Adansonii.

Author Biographies

Yuda Handika, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

Tejoyuwono, "Tanah Dan Lingkungan," Repro Ilmu tanah UGM, vol. 1, no. 1, pp. 1-22, 2016.

V. E. Tobondo, "Keanekaragaman dan Pemanfaatan Tanaman Pekarangan di Desa Taripa, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah," BIOS LOGOS, vol. 11, no. 1, p. 54– 67, 2021.

C. Paat, "IDENTIFIKASI KESUBURAN TANAH UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN HIAS HEBRAS (Gerbera jamensonii) DI KELURAHAN LANSOT, TOMOHON SELATAN," Agroteknologi Fakultas Pertanian Sam Ratulangi, vol. 1, no. 1, 2020.

Purwadi, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pad Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste," Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), vol. 19, no. 1, p. 110~121, 2020.

Y. Nancy, "Jenis-jenis Janda Bolong: Monstera Adansonii hingga Monstera Dubia," tirto.id, 20 01 2021. [Online]. Available: https://tirto.id/jenis-jenis-janda-bolong-monstera-adansonii-hingga-monstera-dubia-f9oh. [Accessed 08 03 2021].

S. R. Rahman, "VARIASI MORFOLOGI TUMBUHAN FAMILI ARACEAE DI WILAYAH KABUPATEN MAJENE," Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, vol. 2, no. 8, pp. 794-797, 2018.

N. R. Aida, "Kompas," Kompas.Com, 27 09 2020. [Online]. Available: https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/27/081000965/mengenal-janda-bolong-atau-monstera-adansonii-tanaman-hias-yang-sedang?page=all. [Accessed 10 06 2021].

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN