Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Mendiagnosa Kerusakan Tanah Pada PT. Tanah Hitam Dwi Sawit Sumatera

Authors

  • Arsat Teguh Maulana STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra
  • Muhammad Zunaidi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.4029

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam mendiagnosa kerusakan tanah perkebunan kelapa sawit adalah ketidak tahuan dalam dunia teknologi, sehingga para ahli pendeteksi tanah sering sekali mengalami kesulitan seperti ambigu dalam memutuskan kelayakan tanah untuk ditanami tumbuhan sawit. Serta harus membutuhkan pakar tanah yang tidak sedikit serta membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan kelayakan suatu tanah, hal ini disebabkan pakar tanah harus mengecek kelayakan tanah dengan cara berulang – ulang. Mengacu permasalahan yang terjadi dibangunlah sebuah sistem untuk mendiagnosa kerusakan tanah kelapa sawit. Sistem ini dibangun dengan penerapan metode certainty factor didalamnya. Certainty factor merupakan nilai untuk mengukur keyakinan pakar dan menunjukan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. Sistem ini dibangun bukan untuk menjadi pengganti seorang pakar namun sebagai referensi pakar dalam pendeteksi kerusakan tanah.Sistem ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemograman Visual Basic.net, Microsoft Acces sebagai basis data dan Crystal Report sebagai pembuat hasil laporannya.

Author Biographies

Arsat Teguh Maulana, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi

Sistem Informasi

References

M. P. Putra and M. Edwin, “Analisis Status Kerusakan Tanah Pada Lahan Kering di Kampung Jawa Dusun Kabo Jaya, Sangatta,†J. Pertan. Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 109–120, 2018.

K. E. Setyaputri and A. Fadlil, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018.

M. Arifin, S. Slamin, and W. E. Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,†Berk. Sainstek, vol. 5, no. 1, p. 21, 2017.Z. Yinhai, et al., "A Novel SVPWM Modulation Scheme," in Applied Power Electronics Conference and Exposition, 2009. APEC 2009. Twenty-Fourth Annual IEEE, 2009, pp. 128-131.

S. Halim and S. Hansun, “Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis,†J. Ultim. Comput., vol. 7, no. 2, pp. 59–69, 2016.

A. Riadi, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus Pada Rsud Bumi Panua Kabupaten Pohuwato,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, p. 309, 2017.

H. Fahmi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata KatarakDengan Metode Certainty Factor Berbasis Web,†Matics, vol. 11, no. 1, p. 27, 2019.

Downloads

Published

2019-03-02

URN