Market Based Analysis Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Parfume APF Barokah

Authors

  • Cindy Anggra Ini STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i8.4022

Abstract

Banyaknya data transaksi yang disimpan menyebabkan penumpukan data. Dimana data tersebut dapat di olah lebih lanjut menjadi suatu infomasi yang berguna bagi menejer atau pelaku usaha pada toko parfume APF Barokah dalam pengambilan keputusan, melakukan analisis terhadap penjualan pada produknya, mengatur penempatan produk yang ada pada toko tersebut dan melakukan strategi penjualan yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan atau usaha tersebut. Algoritma Apriori merupakan suatu algoritma yang klasik data mining yang dapat digunakan pada komputer sehingga dapat mempelajari aturan-aturan asosiasi agar dapat mencari suatu hubungan antara satu atau lebih dari suatu item pada pola pembelian seorang konsumen dalam sutu dataset.Hasil dari penelitian ini diperoleh dari data transaksi penjualan pada toko Parfume APF Barokah sejumlah 10 item data parfume dan 125 nota penjualan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020, Yang kemudian diolah dan dianalisa dengan menggunakan algoritma apriori dengan hasil analisis menunjukkan bahwa jika konsumen membeli Amber 2000 maka akan dipasangkan bersama Bacarat Route dengan Support 46,67% dan Confidence 100,00%. Maka dengan adanya penelitian ini diharpakan pihak perusahaan dapat mengetahui penujalan dan penemptan produknya serta harus menerapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat pada sasaran.

Author Biographies

Cindy Anggra Ini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Keamanan Komputer

References

D. P. Jailani And H. Patrie, “Analisa Dan Rancangan Sistem Informasi Penjualan Parfum Berbasis E-Commerce Pada Toko Seruni Parfum,†J. IDEALIS, Vol. 2, No. 5, Pp. 98–105, 2019.

H. Pohan And D. E. Sinaga, “Penerapan Metode Moora Dalam Menentukan Parfume Terbaik Berdasarkan Kepribadian,†KESATRIA J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer Manajemen), Vol. 1, No. 2, Pp. 59–63, 2020, Doi: 10.30645/Kesatria.V1i2.21.

M. Rizki, D. Devrika, I. H. Umam, And F. S. Lubis, “Aplikasi Data Mining Dalam Penentuan Layout Swalayan Dengan Menggunakan Metode MBA,†J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. Dan Karya Ilm. Dalam Bid. Tek. Ind., Vol. 5, No. 2, P. 130, 2020, Doi: 10.24014/Jti.V5i2.8958.

M. Nanda And K. Saleh, “JUSIKOM PRIMA ( Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima ) APLIKASI PENATAAN LETAK BARANG DI IMAM MARKET DENGAN METODE APRIORI JUSIKOM PRIMA ( Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima ),†Jusikom Prima, Vol. 1, No. 1, Pp. 1–5, 2017.

N. Rahmawati, Y. N. Nasution, And F. D. T. Amijaya, “Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Untuk Menemukan Pola Pembelian Di Toko Metro Utama Balikpapan,†J. EKSPONENSIAL, Vol. 8, No. 1, Pp.1–8,2017,[Online].Available: Http://Jurnal.Fmipa.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Exponensial/Article/View/69.

Downloads

Published

2020-08-30

URN