Penerapan Metode Apriori Dalam Mencari Pola Pembelian Makanan Khas Langkat (Studi Kasus : Keripik Cinta Mas Hendro)

Authors

  • Fahri Akbar Stmik Triguna Dharma
  • Ishak Ishak Stmik Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.4011

Abstract

 Keripik Cinta Mas Hendro merupakan perusahaan bergerak dalam penyedian penjualan aneka Keripik seperti Keripik Singkong, Keripik Pisang, Keripik Ubi Jalar, dan masih banyak yang lainnya. Keripik Cinta Mas Hendro memiliki kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan dalam menganalisis pola prilaku konsumen membeli produk secara bersamaan dalam satu waktu, oleh sebab itu perusahaan harus menggunakan strategi pola pembelian untuk mengetahui kebiasaan belanja konsumen sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan dan pemasaran produk.                Permsalahan tersebut dapat disarankan menggunakan sistem yang menganalisa pola pembelian yang membantu perusahaan dan keilmuan yang digunakan  adalah data mining dan salah satunya adalah menggunakan Data mining untuk penentuan dalam menganalisa pola transaksi dengan menggunakan algoritma Apriori. Algoritma Apriori dapat menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data dan hasil proses dibuat dapat dikembangkan dengan aplikasi berbasis desktop untuk memecahkan permasalah dalam menganalisa strategi promosi                Hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa pola pola pembelian dan  lebih efisien maupun efektif dalam mengetahui strategi promosi demi meningkatkan pelayanan dan pemasaran produk. Kata Kunci: Apriori, Data Mining, Keripik, Penjualan, Pola Penjualan

Author Biographies

Fahri Akbar, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, Stmik Triguna Dharma

Bahasa Inggris

References

M. Benri, H. Metisen and S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar and D. A. STIKOM Tunas Bangsa JlJendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program SDP," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik and I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) Penerapan K-Means pada Proporsi Individu dengan Keterampilan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) TIK Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara and K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Rosa A.S dan M.Sahaludin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, VOL 1 ed., Bandung: Informatika Bandung, 2018.

J. Rumbaugh, I. Jacobson and G. Booch, The unified modeling language reference manual, Addison-Wesley, 1999, p. 550.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN