Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Standar Pengelolaan Usaha Ikan Cupang Dengan Metode Vikor

Authors

  • Aldi Prayudha Tanjung Stmik Triguna Dharma
  • Ishak Ishak Stmik Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.4004

Abstract

Usaha merupakan segala sesuatu kegiatan individu untuk melakukan sesuatu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang ataupun jasa, guna untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, salah satu usaha yang di lakukan oleh masyarakat itu sendiri dengan usaha penjualan ikan hias berjenis ikan cupang. Bisnis ikan cupang sempat mengalami penurunan akhir-akhir ini akibat pandemic covid-19 yang saat ini memperlambat pergerakan perekonomian di seluruh Indonesia, maka sudah sepatutnya bagi pembisnis kembali bangkit dan memperbarui bisnis ikan cupang. Adapun standar kelayakan usaha merupakan suatu penelitian tentang layak atau tidaknya suatu bisnis untuk dilaksanakan dengan berhasil dan menguntungkan secara continue (berlanjut).       Permsalahan tersebut dapat disarankan menggunakan keilmuan berupa sistem pendukung keputusan dan metode VIKOR yang dapat menyelesaikan masalah dalam menentukan kelayakan standar pengelolaan usaha ikan cupang. VIKOR dapat mengambil keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan dan dapat penilaian dalam menentukan kelayakan standar pengelolaan usaha ikan cupang. Salah satu proses dalam metode VIKOR dengan melakukan pembobotan kriteria.       Hasil penelitian ini mendapatkan hasil yang maksimal dalam menganalisa dan dapat hasil akhir dengan perangkingan dan dapat alternatif yang layak dalam menentukan kelayakan standar pengelolaan usaha ikan cupang. Kata Kunci: Bisnis, Ikan Cupang, Kelayakan Usaha, Sistem Pendukung Keputusan, Vikor 

Author Biographies

Aldi Prayudha Tanjung, Stmik Triguna Dharma

Sistem informasi

Ishak Ishak, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina Mahyuni, Stmik Triguna Dharma

Bahasa Inggris

References

D. Andreswari, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.no1, no. ISSN 2407-389X, 43-49.

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

R. P. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi di Sekolah Menengah Pertama dengan Metode VIKOR dan TOPSIS," Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. Volume 3 No.2, no. 2443-2555 , pp. 122-128, 2017.

N. Ainun, "Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Perpanjangan Kontrak Karyawan Berdasarkan Penilaian Kinerja Pada Pt. Indomas Makmur Jaya Menggunakan Metode Vikor," Jurnal Pelita Informatika, vol. VIII, no. 1, pp. 63-37, 2019.

A. Atabik, " Pendidikan Dan Pengembangan Potensi Anak Usia Dini," Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus, vol. II, no. 1, pp. 160-165, 2014.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2021-05-29

Issue

Section

Articles

URN