E-Diagnostic Penyakit Feline Panleukopenia Virus (FPV) Pada Kucing Himalaya Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Kiki Susanti STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.4003

Abstract

Penyakit pada kucing disebabkan oleh bakteri atau virus karena keadaan lingkungan, iklim atau suhu, bahwa bisa  juga dari kota langsung dengan inang atau induk virus. Virus Felin panleukopenia virus mematikan yang sangat mudah menyerang kesemua kucing yang telah terjadi belakangan ini, maka dengan ini dapat disimpulkan penyakit yang menyerang pada kucing tersebut merupakan kategori virus dimana semua kucing sangat rentang untuk penyakit ini. Agar dapat membantu para pakar maka di perlukan nya metode Teorema Bayes merupakan proses inferensi yang memulai pencarian dari premis atau data masukan berupa gejala menuju pada konklusi yaitu kesimpulan penyakit yang diderita serta memberikan solusi mengenai saran pengobatan dan pencegaan berdasarkan gejala-gejala yang diamati.         Hasil dari penelitian ini dapat melakukan Diagonis dengan cepat,tempat dan akurat terhadap gejala penyakit yang ditimbulkan. selain itu dapat membantu para pemilik kucing untuk mengenali penyakit yang diderita oleh kucing peliharaanya sehingga kucing mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Author Biographies

Kiki Susanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

C. Chazar, N. Harani, and A. Kurninawan, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Naïve Bayes,†J. Tek. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 18–24, 2019.

J. Angelina and N. Rizkyani, “Identifikasi Hama Kelapa Sawit menggunakan Metode Certainty Factor,†vol. 12, no. 1, pp. 58–63, 2020.

R. A. Putri, “Sistem Pakar Diagnosis,†vol. 14, no. 1, pp. 75–86, 2018.

M. Silmi, E. A. Sarwoko, and K. Kushartantya, “Jurnal Masyarakat Informatika,†Sist. Pakar Berbas. Web Dan Mob. Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Mns. Dengan Menggunakan Metod. Inferensi Forw. Chain., vol. 4, no. 7, pp. 31–38, 2015.

N. Sanjaya, I. Muslihin, and K. Cirebon, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PARU PADA ANAK DENGAN,†vol. 6, no. 1, pp. 66–77, 2016.

S. D. B. Mau, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Menggunakan Teorema Bayes dan Dempster-Shafer,†J. Pekommas, vol. 17, no. 1, pp. 23–32, 2014.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†J. Teknol. Inf. Din., vol. XIII, no. 2, pp. 115–124, 2008.

Downloads

Published

2019-01-30

URN