Implementasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Ailurophobia Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Elda Ardianti STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.4002

Abstract

Ailurophobia adalah salah satu tipe gangguan specific phobia yang ditandai dengan adanya ketakutan irasional (irrational thinking) dan berlebihan (unproportional) terhadap kucing. Bagi penderita ailurophobia, kucing benar-benar membuat mereka takut. Bagi yang tidak mengalami fobia kucing, menilai bahwa ketakutan yang penderita alami tidak wajar.Melihat fenomena yang terjadi maka diperlukan sebuah sistem yang disebut sistem pakar yang mampu menerapkan metodeDempster Shafer untuk mendiagnosa penyakit ailurophobia berdasarkan gejala-gejala klinis yang terjadi. Dengan adanya sistem  ini dapat memberikan kemudahandalam pengambilan kesimpulan untuk dijadikan diagnosa awal.Hasil penelitian ini adalah : Pertama berdasarkan analisa pengaruh sistem pakar ditandai dengan semakin mudahnya prosedur mendiagnosa penyakit ailurophobia. Kedua berdasarkan hasil analisa, metode dempster shafer dapat diterapkan dalam pemecahan masalah yaitu dalam mendiagnosa penyakit ailurophobia. Ketiga berdasarkan perancangan sistem pakar yang mengadopsi metode dempster shafer dapat digunakan dalam mendiagnosa penyakit ailurophobia. Keempat berdasarkan implementasi sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosa penyakit ailurophobia.

Author Biographies

Elda Ardianti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Fatmawati Fadli, Bunga Rampai : APA ITU PSIKOPATOLOGI? “Rangkaian Catatan Ringkas Tentang Gangguan Jiwa.†UNIMAL PRESS.

F. N. Utami et al., “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Gangguan Emosional Pada Anak Berbasis Aplikasi Website,†vol. 4, no. 1, pp. 109–123, 2016.

E. Rahmawati, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Forward Chaining,†vol. 8, no. 2, pp. 64–69, 2016.

P. S. Ramadhan, “SISTEM PAKAR PENDIAGNOSAAN DERMATITIS IMUN MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES,†vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2018.

F. F. C. Triara Puspitasari, Boko Susillo, “IMPLEMENTASI METODE DEMPSTER-SHAFER DALAM SISTEM PAKAR DIAGNOSA ANAK TUNAGRAHITA BERBASIS WEB,†J. Ilm. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2016.

M. H. Teri Ade Putra, “Implementasi Metode Dempster Shafer pada Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ginjal Berbasis Web dengan Menggunakan PHP dan MySQL,†STMIK Indones. Padang, vol. 7, no. 2, pp. 143–151, 2018.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN