E-Classement Kelayakan Kandidat Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan Menggunakan Metode Preference Selection Index

Penulis

  • Mhd Fahnizar STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i12.3998

Abstrak

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dicipta sebagai organisasi  penggerak, pemikir, pencipta, sekaligus pemimpin di dalam maupun di luar HMI itu sendiri. Dari peran ini lah pemimpin HMI Cabang Medan tercipta, dengan beberapa kriteria dan berbagai persyaratan yang juga harus sesuai dengan ketentuan HMI yaitu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga HMI. Karena memang sosok pemimpin selain harus memiliki kemampuan kepemimpinan, seorang pemimpin haruslah menjadi contoh tauladan bagi seluruh anggota/kader yang dibawah dari kepemimpinannya. Untuk itu disini pentingnya dilakukan pengembangan sistem yang ada di HMI yaitu perkembangan sistem teknologi informasi. Sistem ini dikembangkan dalam bentuk website serta menggunakan sistem pendukung keputusan yang nantinya  digunakan dalam pengambilan keputusan calon kandidat ketua umum terbaik HMI cabang medan. Pembuatan sistem ini juga menggunakan metode PSI yang bertujuan untuk memecahkan masalah dalam pengambilan keputusan. Hasil akhir dari sistem ini diharapkan dapat menampilkan hasil yang lebih akurat serta lebih mudah digunakan oleh pengguna sistem (User). Selain itu hasil akhir sistem juga bertujuan membantu bagian bidang administrasi HMI dalam melakukan kelengkapan berkas dengan sistem online yang lebih akurat serta lebih mudah digunakan, dicetak sebagai mana mestinya.

Biografi Penulis

Mhd Fahnizar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

S. (Himpunan M. I. A. R. PILIANG, ALIMBAS, Mansyur Hi. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, 2020.

S. Khoiriyah, Y. Yunita, and A. Junaidi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Crew Store Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching di PT Sumber Alfaria Trijaya,†J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 2, no. 2, p. 27, 2019, doi: 10.34012/jutikomp.v2i2.668.

N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index),†Semin. Nas. Teknol. Komput. dan Sains, pp. 263–269, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/165/166.

Y. Astuti, M. Suyanto, and Kusrini, “AHP Untuk Pemodelan SPK Pemilihan Sekolah Tinggi Komputer,†J. Teknol. Inf., 2012.

A.Fuadi, MERDEKA SEJAK HATI, Deden Ridw. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

M. Tugas, “HUBUNGAN BERORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ( Studi terhadap kader HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan ),†2015.

A. P. U. Siahaan and M. Mesran, “Determination of Education Scholarship Recipients Using Preference Selection Index,†no. August, 2017, doi: 10.31227/osf.io/hsfwr.

D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,†J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39.

Diterbitkan

2020-12-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN