Perancangan Keamanan Data Menggunakan Algoritma Data Encyption Standard Pada Penjualan Jasa Tour dan Travel di PT. Bintan Holidays Wisata Tour Medan

Authors

  • Harapan Mendrofa STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.3997

Abstract

Keamanan dalam penyimpanan suatu data atau informasi adalah hal yang sangat penting dan tidak dapat diabaikan, data yang dulunya berupa data tertulis telah berubah menjadi elektronik atau digital. PT. Bintan Holidays Wisata Tour mengalami pencurian data penjualan, yang mengakibatkan keaman privasi pelanggan diketahui orang yang dikenal. Maka dibutuhkan kemanan data yang kuat dan tidak dapat bobol. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan keilmuan yang cocok digunakan adalah kriptografi. Kriptografi merupakan salah satu ilmu yang membahas masalah keamanan komputer seperti menyembunyikan pesan, kerahasiaan data, keutuhan data dan otentikasi entitas. Dengan enkripsi data tidak dapat terbaca karena teks asli atau plaintext telah diubah ke teks yang tak terbaca atau disebut ciphertext. Algoritma yang digunakan untuk enkripsi dan deskripsi untuk mengamankan data dengan menggunakan RSA. Hasil yang pengujian ini digunakan algoritma RSA dapat membantu PT. Bintan Holidays Wisata Tour Medan dalam melakukan pengamanan data dan data tidak dapat terbaca karena teks asli atau plaintext telah diubah ke teks yang tak terbaca atau disebut ciphertext. Algoritma yang digunakan untuk enkripsi dan deskripsi dengan cepat.

Author Biographies

Harapan Mendrofa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

T. Raharjo, “Pengelolaan Dan Pengembangan Usaha Penyewaan Alat Berat Pada Pt. Sepakat Bersama Jaya Di Samarinda,†Agora, Vol. 1, No. 3, Pp. 1006–1014, 2013.

L. Hakim And A. Fauzy, “Menggunakan Metode Association Rules,†Univ. Res. Colloq., Pp. 73–81, 2015.

Yuda Pratama Wibawa, “Implementasi Data Mining Menentukan Merek Celana Dalam Abstract : Sales Of Apparel Products , Especially Clothing Pants In Both Men And Women Is Increasing Every Month , The Products Offered Are A Variety Of Brands , Brands That Have Influenced People To,†Pp. 57–62, 2016.

F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,†Mantik Penusa, Vol. 2, No. 1, Pp. 50–57, 2018.

J. A. Kantor, “Kepuasan Kerja Pengawas Produksi Berpengaruh Terhadap Kinerja Operator Alat Berat Pada Usaha Jasa Kontraktor Pertambangan Mineral Dan Batubara,†Pp. 33–42, 2018.

A. Maddeppungeng, “Analisis Produktivitas Alat Berat Pada Proyek Pembangunan Pabrik Dwi Novi Setiawati Begitu Pula Proyek Pembangunan Pabrik,†Pp. 91–103.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN