Implementasi Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) Dalam Menentukan Lokasi Strategis Pembangunan Cabang Usaha Fitri Konveksi

Authors

  • fitri khairunnisah STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3989

Abstract

Dalam suatu usaha, lokasi usaha merupakan tempat usaha produksi yang berfokus pada pengembangan suatu usaha, cabang usaha yang dibangun di lokasi yang kurang tepat akan berakibat fatal bagi suatu usaha. Untuk itu, dalam menentukan strategi lokasi, perlu dilakukan penelitian terhadap kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dalam pembangunan cabang baru. Ilmu yang berkaitan untuk menentukan lokasi strategis cabang usaha adalah Sistem Pendukung Keputusan, dimana sks merupakan sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu mengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai masalah yang tidak terstruktur. Dalam sistem pendukung keputusan ada beberapa metode yang dapat digunakan salah satunya Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) adalah metode pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang digambarkan. penting ia dibandingkan dengan Kriteria lain. Hasil dari aplikasi ini adalah dapat mempertimbangkan hasil perhitungan dan perangkingan dalam menentukan lokasi strategi pembangunan cabang usaha.

Author Biographies

fitri khairunnisah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

W. A. Putra, N. Nawasiah, and M. Widyaningsih, “Pengaruh Penentuan Lokasi Terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Berskala Mikro/Kecil,†JIMFE (Jurnal Ilm. Manaj. Fak. Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 91–102, 2020, doi: 10.34203/jimfe.v6i1.1893.

S. Suprianto, “Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Menentukan Lokasi Strategis Dalam Membuka Usaha Menengah Ke Bawah di Kota Medan (Studi Kasus: Disperindag Kota Medan),†J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 2, p. 125, 2020, doi: 10.30865/json.v1i2.1939.

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean, and H. T. Sihotang, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 22–31, 2017, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/274/172.

S. Kasus, P. Makasar, and J. Timur, “Evaluasi Kinerja Kepolisian Berdasarkan Kriteria Pengguna Menggunakan Metode Smart,†vol. 1, no. 1, 2020.

D. Novianti, I. Fitri Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode SMART (Simple Multi-Attribute Rating Technique) (Studi Kasus : Kota Samarinda),†Pros. Semin. Sains dan Teknol. FMIPA Unmul, vol. 1, no. 3, pp. 461–465, 2016.

Downloads

Published

2019-01-30

URN