Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Distributor Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Suci Ardianti STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3977

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Cv Niaga Jaya Bersama pada saat ini adalah penentuan pemilihan distributor yang ideal untuk bekerjasama dengan perusahaan. Karena banyaknya distributor-distributor produk memenuhi syarat sehingga mengalami sedikit kesulitan dalam menentukan skala prioritas yang akan dipilih menjadi Distributor Cv Niaga Jaya Bersama.Agar mempermudah dalam proses pemilihan distributor yang ideal untuk bekerjasama dengan Cv Niaga Jaya Bersama, maka di buatlah sebuah  sistem  yang akan menentukan pemilihan distributor yang ideal berbasis komputer yang bertujuan menghasilkan keputusan yang cepat dan tepat serta mempermudah perusahaan dalam menentukan pemilihan distributor yang ideal secara akurat dengan menggunakan Decision Support System atau Sistem Pendukung Keputusan yang mengadopsi metode Waspas Sebagai metode komputasi.Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat melakukan perhitungan penilaian distributor yang akan bekerjasama dengan Cv Niaga Jaya Bersama dengan cepat dan akurat yang menghasilkan sebuah keputusan dalam bentuk perangkingan berdasarkan nilai prioritas tertinggi sehingga dapat membantu pihak Cv Niaga Jaya Bersama.

Author Biographies

Suci Ardianti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,†J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018.

I. Kusdyah Rachmawati, Manajemen Sumber Daya Manusia. 2008.

J. Hutagalung, “Studi Kelayakan Pemilihan Supplier Perlengkapan Dan ATK Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting),†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, p. 356, 2019, doi: 10.30645/j-sakti.v3i2.154.

R. P. A. Nugroho and Purwanto, “Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Menggunakan Metode Profil Matching,†Eksplora Inform., vol. 5, no. 1, pp. 33–42, 2015, [Online]. Available: https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/74/57.

A. A, P. S. Ramadhan, and S. Yakub, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menenetukan Calon (Tailor) Penjahit di Ranhouse Medan dengan Menggunakan Metode AggregatedSum Product Assesment,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 2, p. 12, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i2.2029.

Downloads

Published

2020-02-28

URN