Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Sub Kontraktor Terbaik Pada PT. Nusa Raya Cipta Tbk, Dengan Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Mhd Bima Taruna Cipta STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3973

Abstract

PT. Nusa Raya Cipta Tbk, yang umumnya dikenal sebagai NRC, adalah perusahaan yang bergerak dibidang infrastruktur dan jasa konstruksi. Permasalahan dalam perusahaan ini adalah dalam menentukan sub kontraktor yang memiliki kinerja bagus, masih menggunakan metode manual sehingga memakan waktu yang lama juga menghasilkan hasil yang kurang akurat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang meingimplimentasikan metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment) diharapkan dengan metode WASPAS ini mampu membantu menyelesaikan masalah dengan kriteria-kriteria yang sesuai dengan standar kualifikasi perusahaan agar dapat menghasilkan hasil keputusan secara tepat, efektif dan optimal. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang menerapkan metode WASPAS yang dapat membantu PT. Nusa Raya Cipta Tbk terkait dalam menentukan sub kontraktor terbaik.

Author Biographies

Mhd Bima Taruna Cipta, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

Kontraksura123, “Apa itu Sub-kontraktor ?,†2018. https://kontraktorsurabaya.biz/apa-itu-sub-kontraktor/ (accessed Jun. 19, 2021).

H. Pratiwi, Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Sleman: Deepublish, 2016.

R. Manurung, R. Sitanggang, and F. Tinus Waruwu, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 79–84, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C79.

rani irma handayani and yuni darmianti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Pada Pt. Cipta Nuansa Prima Tangerang,†J. Techno Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 103–110, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/techno/article/view/519.

B. Pradana, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SUPPLIER TERBAIK PADA PT. MITRA UTAMA ALKESMED MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,†2019.

N. I. Narulita, P. Moengin, and S. Adisuwiryo, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Bahan Baku pada PT. Jayatama Selaras,†J. Tek. Ind., vol. 8, no. 2, pp. 133–144, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN