Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tumbuhan Ketela dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Nanda Kharistian Gulo STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3972

Abstract

Tumbuhan ketela khususnya ketela pohon adalah salah satu bahan pangan utama di Indonesia sendiri selain daripada beras dan jagung karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Hal itu tentu dapat berdampak positif jika semakin banyak petani ketela untuk memenuhi kebutuhan pangan. Namun pada saat ini petani ketela bepengalaman semakin berkurang dikarenakan berbagai alasan dan para petani baru kekurangan pemahaman mengenai seputar ketela seperti jika terjangkit penyakit. Hal ini mengakibatkan banyak ketela yang gagal panen karena meenggalami kerusakan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukanlah sebuah penelitian yang bertujuan untuk membantu para petani dalam memahami penyakit pada ketela ini, sehingga diharapkan nantinya para petani dapat lebih memahami seputar penyakit, gejala dan solusi untuk mengatasi penyakit dan dapat meningkatkan hasil panen dengan menerapkan perhitungan metode Teorema Bayes. Dengan membangun suatu aplikasi sistem pakar dengan menggunakan teorema bayes dapat membantu khususnya para petani tanaman ketela pohon untuk dapat mengidentifikasi lebih awal penyakit pada tumbuhan ketela dan dapat menerapkan solusi yang tepat.

Author Biographies

Nanda Kharistian Gulo, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

C. E. Tando, S. Sudarmo, and R. H. Haryanti, “Pemerintahan Kolaboratif Sebagai Solusi Kasus Deforestasi di Pulau Kalimantan: Kajian Literatur,†J. Borneo Adm., vol. 15, no. 3, pp. 257–274, 2019, doi: 10.24258/jba.v15i3.516.

H. Listiyono, “Merancang dan Membuat Sistem Pakar,†vol. XIII, [2]no. 2, pp. 115–124, 2008.

A. Utami and R. Putra, “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Manaj. Inform., vol. 4, no. 01, pp. 46–50, 2015.

B. Saputro, Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi, vol. 53, no. 9. 2017.

S. Imaningati, N. Sari, Pengaruh Goodwill, Research and Development (RnD), dan Intelectual Capital Terhadap Nilai Pasar Perusahaan, Jimat, vol. 6, no. 2, pp. 108-121, 2015.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN