Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Salak Akibat Perubahan Cuaca Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Artsen Dwi Cahya STMIK Triguna Dharma
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3960

Abstract

Salak merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman yang hanya terdapat di Indonesia.Komoditi ini sudah memiliki pasar yang stabil dan memeberikan konstribusi terhadap pendapatan keluarga tani di Padang Sidimpuan, Khususnya desa Batang Angkola.Dalam pengembangan usaha tani salak pemasalahan  yang sering dijumpai yaitu Tehnik-budidaya yang dilakukan petani belum mampu mendukung produktivitas tanaman. Berdasarkan keadaan tersebut, peran pakar petanian terutama dibiang penyakit akibat perubahan cuaca pada tanaman salak sangat dibutuhkan karena dapat mempermudah pengguna untuk mendiagnosa mengenai penyakit tersebut. Tujuan dari penelitian ini utnuk membangun suatu aplikasi desktop menggunakan metode Teorema Bayes untuk mendiagnosa penyakit tanaman salak akibat perubahan cuaca.

Author Biographies

Artsen Dwi Cahya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

A. S. H., 1, A. Pujiastuti2, And Linda Putri Susanti3, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Pada Tanaman Salak Di Turi Sleman,†Pp. 43–52.

P. Soepomo, “Buah Salak Menggunakan Jaringan Syaraf,†Vol. 2, Pp. 1228–1240, 2014.

S. Murni And F. Riandari, “Penerapan Metode Teorema Bayes Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lambung,†Vol. 1, Pp. 166–172, 2019.

E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Mata,†Vol. Ii, No. 2, Pp. 10–17, 2019.

H. T. Sihotang, S. Utara, And I. Pendahuluan, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Diabetes,†Vol. 1, No. 1, Pp. 36–41, 2017.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN