Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Lokasi Promosi Terbaik Pada Indomaret Mobil (I-Mobil) Menggunakan Metode ARAS

Penulis

  • Robby Utomo STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Marsono M STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Tugiono T STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i7.396

Abstrak

Indomaret Mobil (I-Mobil) merupakan sarana dan prasarana transportasi serta promosi yang telah diluncurkan oleh Indomaret selaku salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia, yang ditujukan untuk meningkatkan pelayanan, yang menguntungkan serta lebih dekat dengan indomaret itu sendiri bagi masyarakat luas pada umumnya. I-Mobil yang dijalankan oleh beberapa karyawan Indomaret akan menuju tempat-tempat keramaian berdasarkan keputusan manajer pengembangan yang mengambil hanya berdasarkan jarak terjauh dari gerai indomaret. Hal ini dapat diluncurkan tidak tercapainya target promosi Indomaret Pada penelitian ini, penulis menawarkan solusi yang menggunakan sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi promosi terbaik pada Indomaret Mobil.Dimana sistem pendukung mengambil keputusan tentang sistem komputer untuk mengolah data yang membahas beberapa masalah semi terstruktur atau tidak terstruktur yang spesifik menjadi informasi. Dan juga dengan metode Additive Ratio Assessment (ARAS), metode ini merupakan metode yang mengambil keputusan multikriteria dengan membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternatif terhadap nilai indeks keseluruhan optimal menggunakan tingkat utilitas dalam konsep perangkingan. Hasil Penilaian tersebut terdiri dari aplikasi sistem pendukung Keputusan yang direkomendasikan dapat membantu PT. Indomarco Prismatama dalam mengambil keputusan kedepannya.

Referensi

Y. Syahra, “Implementasi Data Mining Untuk Penjualan Paket Promosi Pada I-Mobil Dengan Menggunakan Algoritma Frequent Pattern Growth Pada PT. Indomarco Prismatama,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 2, no. 1, pp. 42–53, 2019.

Anas, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Desa Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 4, no. 1, 2019.

T. R. Sitompul and N. A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Untuk Security Service Menggunakan Metode ARAS,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

C. Maulana, A. Hendrawan, and A. P. R. Pinem, “Pemodelan Penentuan Kredit Simpan Pinjam Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment (ARAS),†2019.

I. H. Listyawati, “Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Beli Konsumen Di Pamella Empat Yogyakarta,†J. Bisnis, Manaj. dan Akunt., vol. IV, no. 2, pp. 50–59, 2017.

J. J. Lenzun, J. D. D. Massie, and D. Adare, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel,†J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 3, pp. 1237–1245, 2014.

S. M. Chandra and M. V. J. Tielung, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena,†J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 959, no. 3, pp. 959–970, 2015.

W. A. Triyanto, “Association Rule Mining Untuk Penentuan Rekomendasi Promosi Produk,†J. Simetris, vol. Vol.5, no. No.2, pp. 121–126, 2014.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MDCM) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish, 2017.

Ernawati, N. A. Hidayah, and E. Fetrina, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah Dki Jakarta),†J. Sist. Inf., vol. 10, no. 2, pp. 127–134, 2017.

S. J. Kuryanti and N. Indriyani, “Penentuan Bonus Pada Karyawan Dengan Menggunakan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus: Pt. Asahimas Flat Glass, Tbk Jakarta),†Semin. Nas. Sains dan Teknol., no. November, pp. 1–9, 2016.

Y. Kristyawan and A. Rizeki, “Sistem Pendukung Keputusan Distribusi Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Pada Kab Sampang Menggunakan Metode VIKOR,†J. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017.

L. C. L. Gaol and N. A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Team Leader Shift Terbaik Dengan Menggunakan Metode ARAS Studi Kasus PT. Anugrah Busana Indah,†J. Maj. Ilm. INTI, vol. 13, 2018.

E. Ndruru and E. N. Purba, “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Lokasi Objek Wisata Yang Terbaik Pada Kabupaten Nias Selatan,†J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 151–159, 2019.

R. Lubis and A. Sari, “Implementasi Metode Additive Ratio Assessment ( Aras ) Dalam Pemilihan Sales Mobil Terbaik,†Sainteks 2019, pp. 372–383, 2019.

Diaraya, “Desain Flowchart Pemrosesan Transaksi Perusahaan Pada Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer,†J. Mat. Stat. dan Komputasi, vol. 13, no. 2, pp. 141–146, 2018.

Awan, “Perancangan Sistem Informasi Ikatan Alumni SMA Nasrani 2 Medan Berbasis Web,†J. STMIK IBBI, vol. 10, no. 2, pp. 2085–2177, 2017.

R. A.S. and M. SHALAHUDDIN, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. INFORMATIKA, 2018.

Diterbitkan

2022-08-05

Terbitan

Bagian

Articles

URN