Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Kerusakan pada Sepeda Motor Honda Vario Techno 125 dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Kevin Jhordy STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Rini Kustini STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3959

Abstract

Sepeda motor merupakan sarana transportasi yang banyak digunakan terutama kalangan menengah ke bawah. Semakin canggih teknologi yang digunakan oleh kendaraan bukan berarti masalah atau pun kerusakan tidak akan terjadi pada kendaraan, baik itu karna kelalain pengguna maupun kesalahan pabrik kendaraan itu sendiri, maka dari itu setiap pabrik membuat sarana untuk membantu para konsumen dalam mengatasi masalah yang terjadi pada kendaraan yang mereka gunakan. Sistem pakar akan memberikan solusi yang memuaskan layaknya seorang pakar. Sistem pakar dibuat pada wilayah pengetahuan tertentu untuk sesuatu kepakaran yang mendekati kemampuan manusia pada salah satu bidang yang spesifik.. Pengetahuan yang disimpan di sistem pakar umumnya diambil dari seorang manusia yang pakar dalam masalah tersebut dan sistem pakar itu berusaha meniru metodelogi dan kinerjanya (performance). Ada beberapa metode yang dapat digunakan oleh sistem pakar namun dalam hal ini digunakan metode Teorema Bayes untuk mendeteksi kerusakan pada sepeda motor honda Vario Techno 125. Teorema Bayes merupakan suatu metode yang digunakan untuk memecahkan  suatu permasalahan 

Author Biographies

Kevin Jhordy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rini Kustini, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

P. D. A. N. Pembuatan, “PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PROTOTYPE KODE PANGAMAN BERBASIS MIKROKONTROLER UNTUK SEPEDA MOTOR,†vol. 3, no. 3, pp. 38–43, 2013.

D. Irawan and K. Ridhuan, “Analisa pengaruh variasi berat roller dengan pegas CVT terhadap kinerja mesin sepeda motor matic 113 CC.â€

A. Siadauruk and A. Pujianto, “SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES,†J. Ilm. DASI, vol. 18, pp. 68–70, 1377.

C. Endorser, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK , DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO M3 DI KOTA SEMARANG,†2018.

A. Suyatno and D. M. Khairina, “PENDETEKSI GANGGUAN JARINGAN LOKAL MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR,†vol. 13, no. 2, pp. 60–64, 2018.

S. Nainggolan and F. A. Sianturi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Menggunakan Metode Metode Teorema Bayes,†JIKOMSI [Jurnal Ilmu Komput. dan Sist. Informasi], vol. 3, no. 3, pp. 192–196, 2019, doi: 10.31227/osf.io/rjqgz.

P. T. Prasetyaningrum and N. B. Hangesti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Akibat Virus Menggunakan Teorema Bayes,†Telematika, vol. 15, no. 2, p. 117, 2018, doi:

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN