Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mitra Wisata Nusantara Pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment

Authors

  • Suci Melindah STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.395

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering dialami di Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang yaitu sulitnya pengambilan Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan Mitra Wisata Nusantara. Pada saat ini Badan Pusat Statistik dalam menentukan Mitra Wisata Nusantara masih berdasarkan keinginan pribadi. Untuk itu Pihak Terkait membutuhkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan kualitas Mitra Wisata Nusantara yang terpilih.   Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Sistem Pendukung Keputusan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Additive Ratio Assessment. Metode Additive Ratio Assessment merupakan metode untuk perangkingan dengan beberapa kriteria bernilai maksimal atau minimal, metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah dengan hasil yang lebih akurat. Dengan menggunakan Sistem metode Additive Ratio Assessment dapat ditentukan Mitra Wisata Nusantara berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan.   Hasil dari penelitian ini adalah, Untuk merancang program Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan Mitra Wisata Nusantara dengan metode Additive Ratio Assessment yang nantinya dapat membantu pihak Badan Pusat Statistik.

References

S. D. S. P. B. P. Statistik, “SURVEI INBOUND-OUTBOUND TOURISM ( VIOT ) Sub Direktorat Statistik Pariwisata Badan Pusat Statistik.â€

T. Siburian, R. Dewi, and W. Widodo, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Merekomendasikan Tempat Les Musik Dipematangsiantar Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process (Mfep),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 242–248, 2018.

T. R. Sitompul and N. A. Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Untuk Security Service Menggunakan Metode ARAS,†vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018.

B. J. Hutapea, M. A. Hasmi, and A. Karim, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Kulit Terbaik Untuk Pembuatan Sepatu Dengan Menggunakan Metode VIKOR,†vol. 5, no. 1, pp. 6–12, 2018.

L. A. Latif, M. Jamil, and S. H. Abbas, Sistem Pendukung Keputusan Teori Dan Implementasi. 2018.

S. W. Sari and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Danru Terbaik Menggunakan Metode ARAS,†pp. 291–300, 2019.

H. Syahputra, M. Syahrizal, S. D. Nasution, and B. Purba, “SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ),†pp. 678–685, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-18

URN