Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Pegawai Di Pt Cmaj Menggunakan Metode Weight Product

Authors

  • Sartika Dewi STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3947

Abstract

PT CMAJ merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang ketenagakerjaan. PT CMAJ tentu tidak terlepas dari peranan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja di dalamnya. Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang diperlukan untuk meningkatkan produktivitas kinerja suatu instansi. Oleh karena itu, suatu organisasi atau instansi perlu melakukan penilaian atas kinerja para karyawannya. Namun permasalahan baru timbul, yaitu PT. CMAJ akan merasa kesulitan dalam menilai pegawainya dengan banyaknya pegawai perusahaan yang akan memakan waktu untuk menilainya, disamping itu pula bisa terjadi penilaian yang bersifat subjektif dan bukan objektif yang akan berdampak pada hasil kinerja pegawai yang tidak nyata. Berdasarkan masalah tersebut, hal ini melahirkan suatu.sistem pendukung keputusan salah satu seleksi yang dapat digunakan untuk pemilihan pegawai terbaikSistem pendukung keputusan adalah pasangan intelektual dari sumber daya manusia dengan kemampuan komputer untuk memperbaiki keputusan [1], yaitu sistem pendukung keputusan berbasis komputer bagi pembuat keputusan manajemen yang menghadapi masalah semi terstruktur. Gory dan Scoot-Marton, mendefinisikan sistem pendukung keputusan sebagai kumpulan prosedur basis model untuk memproses data dan keputusan guna membantu manajer dalam membuat keputusan. Dikatakan bahwa supaya sukses sistem harus sederhana, sehat, mudah dikendalikan, adaptif, lengkap dalam persoalan penting dan mudah untuk didokumentasikan. Secara implisit definisi ini mengasumsikan bahwa sistem berbasis pada komputer dan memberikan kemampuan memecahkan masalah pemakai. MCDM merupakan teknik pengambilan keputusan dari beberapa pilihan alternatif yang ada. Di dalam MCDM ini mengandung unsur atribut, obyektif, dan tujuan. Atribut menerangkan, memberi ciri kepada suatu obyek. Misalnya tinggi, panjang dan sebagainya

Author Biographies

Sartika Dewi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Priranda Widara Ananta, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL)," SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL), vol. 1, no. 2, 2013.

N. Fartindyyah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMINATAN SMA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)," JURNAL KEPENDIDIKAN, vol. 44, no. 2, 2014.

R. Alfita, "Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode Weighted Product (WP)," Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo Madura, vol. 1, no. 3, 2017.

L. Farokhah, A. Kala and S. ASIA Malang, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Forum Mahasiswa dengan Metode Weighted Product," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 11, no. 2, 2017.

ARIF SUSANTO, "PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SELEKSI GURU TETAP YAYASAN ADHI LUHUR PADA SMK MAHADHIKA 2 JAKARTA," Faktor Exacta, vol. 7, no. 1, pp. 84-97, 2014.

Priranda Widara Ananta (06018099), 2 and Sri Winiarti (0516127501), "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 1, no. e-ISSN: 2338-5197 , 2013.

Heru Supriyono, Chintya Purnama Sari, "Pemilihan Rumah Tinggal Menggunakan Metode Weighted Product," KHAZANAH INFORMATIKA , vol. 1, no. 1, 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN