Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Tingkat Penjualan Peralatan Elektronik Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Dahlia Citra Feronika Sirait STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3944

Abstract

Teknologi saat ini telah berkembang dengan sangat pesat dan membawa perubahan yang sangat besar karena dengan teknologi tersebut kita dapat memperoleh informasi dengan sangat cepat, akurat dan tidak terbatas waktu dan tempat. Salah satu sektor yang berkembang dalam perkembangan teknologi adalah di bidang elektronik yang menawarkan berbagai produk unggulan, seperti televisi, kulkas, AC,dan sebagainya. Permasalahannya adalah perlu adanya suatu sistem yang dapat digunakan pemilik toko dalam mengambil keputusan untuk menentukan jumlah barang yang harus disediakan.                Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan mengimplementasikan konsep Data Mining  yang digunakan untuk membantu pihak toko dalam merencanakan penyediaan stok yang diharapkan mampu memberikan hasil terbaik sehingga kecil kemungkinan resiko kesalahan dalam menyediakan stok. Data mining dengan menggunakan metode Regresi linier berganda merupakan suatu algoritma yang digunakan untuk menelusuri pola hubungan antara variabel terikat dengan dua atau lebih variabel bebas                Hasil penelitian ini mempermudah bagian penyedia stok Karya Elektronik dalam melakukan perencanaan penyediaan stok barang serta memberitahu pihak toko tentang produk-produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen

Author Biographies

Dahlia Citra Feronika Sirait, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

G.Napitupuli, "Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori," Jurnal Riset Informatikaâ€, 2019.

P. Winasis, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Mall Cpm Jakartaâ€, 2019.

P.Katemba and R.Koro Djoh," Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH,2017.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN