Implementasi Pengamanan Data Dokumen Pelaksana Anggaran Kemasyarakatan Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Menggunakan Metode Algoritma Riverst Shamir Adleman

Authors

  • Candra Saputra STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3940

Abstract

Masalah keamanan merupakan suatu aspek penting dalam pengiriman data maupun informasi. Sistem-sistem vital yang membutuhkan pengaman data saat ini seperti pengamanan data pelaksana anggaran kemasyarakatan pada dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat (dp3apm), sehingga kecurangan ataupun perubahan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker bisa diatasi. Oleh karena itu diperlukan adanya sistem pengamanan data pelaksana anggaran kemasyarakatan pada dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat (dp3apm) dengan Metode RSA. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan kinerja dan waktu dalam pengolahan data biaya pelaksana anggaran kemasyarakatan pada dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat (dp3apm) menjadi lebih efektif dan efisien. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis desktop dapat mempermudah admin dp3apm dalam melakukan penyimpanan data pelaksana anggaran kemasyarakatan pada dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat (dp3apm) di database dan juga dapat membantu bagian keuangan dalam pembuatan laporan.

Author Biographies

Candra Saputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Zalukhu, "APLIKASI PENGAMANAN FILE VIDEO MENGGUNAKAN TEKNIK KRIPTOGRAFI ALGORITMA TRANSPOSISI ZIG-ZAG," Jurnal Mahajana Informasi, vol. 3, no. 2, 2018.

R. K. P. Pratama, "Implementasi Enkripsi Dekripsi Pesan Teks Menggunakan Model Julis Caesar Berbasis Object Oriented Programme," Jurnal Techno Nusa Mandiri, vol. 11, no. 1, 2014.

A. Ginting, "Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 3, no. 2, 2015.

Susanto, "PENERAPAN ALGORITMA ASIMETRIS RSA UNTUK KEAMANAN DATA PADA APLIKASI PENJUALAN CV. SINERGI COMPUTER LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB," Jurnal SIMETRIS, vol. 9, no. 2, pp. 1043-1052, 2018.

J. Manurung, "PENERAPAN ALGORITMA RSA UNTUK PENGAMANAN FILE," Jurnal Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, 2018.

Aminudin, "Algoritme RSA menggunakan pembangkit kunci ESRKGS untuk enkripsi pesan chat dengan protokol TCP/IP," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 2, 2020.

Suendri, "Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018.

W. Aprianti, U. Maliha, J. Teknik Informatika, P. Negeri, T. Laut, J. A. Y. Km, P. T. Laut and K. Selatan, "SISTEM INFORMASI KEPADATAN PENDUDUK KELURAHAN ATAU DESA STUDI KASUS PADA KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT," 2016.

Sutejo, "Pemodelan UML Sistem Informasi Geografis Pasar Tradisional Kota Pekanbaru," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, `Universitas Lancang Kuning , vol. 7, 2016.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN