Penerapan Kriptografi Berbasis Digital Signature Menggunakan Algoritma RSA Pada SPT di Sekretariat Daerah Kota Medan

Authors

  • Dinda Utari STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.394

Abstract

     Di kantor Sekretariat Daerah Kota Medan terdapat sebuah dokumen instansi berupa surat dinas yang sering disebut dengan Surat Perintah Tugas (SPT). SPT adalah surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh seorang pejabat yang berwewenang di instansi atau lembaga tertentu dimana isinya menugaskan seorang pegawai untuk melakukan suatu pekerjaan. Pada SPT biasa dilampirkan stempel dan tanda tangan para pejabat yang berwewenang, namun cara tersebut masih memiliki kekurangan yang harusnya bisa diantisipasi agar tetap terjaga keasliannya, karena stempel dan tanda tangan dapat dengan mudahnya ditiru.     Saat ini penggunaan SPT sudah dalam bentuk file digital, penggunaan file digital rentan dengan adanya perubahan data yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga memunculkan terbentuknya surat palsu. Oleh karena itu perlu adanya suatu sarana yang dapat memberikan layanan untuk memverifikasi keaslian suatu dokumen dan keutuhan data pada SPT dengan cepat dan mudah. Sistem kriptografi dan digital singnature dapat digunakan untuk memverifikasi keaslian suatu dokumen.     Kriptografi dan digital signature memiliki fasilitas keamanan, yaitu kerahasiaan pesan, kebenaran pengirim, otentitas pesan dan anti penyangkalan. Dengan adanya kedua aspek ini penerima pesan akan percaya bahwa pesan yang dikirim masih otentik dari pengerim aslinya dan dapat membantu staf dan pegawai dalam memverifikasi keaslian pada SPT. Dalam menyelesaikan masalah ini menggunakan algortima RSA (Rivest Shamir Adleman).

References

R. Nasution, Niti, “Kombinasi Rsa-Crt Dengan Random Lsb Untuk Keamanan Data Di Kanwil Kementerian Agama Prov. Sumatera Utara,†Vol. 5341, No. April, Pp. 32–42, 2017.

G. E. Setyawan, A. Pinandito, And F. Pradana, “Performasi Kalkulasi Hash Sha-1 Pada Sistem Embbeded Arduino Performance Calculation Of Hash Sha-1 In Embedded System Using Arduino,†Pp. 39–45, 2015.

F. Nuraeni, Y. H. Agustin, And I. M. Muharam, “Implementasi Tanda Tangan Digital Menggunakan Rsa Dan Sha-512 Pada Proses Legalisasi Ijazah,†Pp. 8–9, 2018.

D. P. Precilia And A. Izzuddin, “Aplikasi Tanda Tangan Digital ( Digital Signature ) Menggunakan Algoritma Message Digest 5 ( Md5 ),†Vol. 5, No. 1, Pp. 14–19, 2015.

Y. Anshori, A. Y. E. Dodu, And D. M. P. Wedananta, “Implementasi Algoritma Kriptografi Rivest Shamir Adleman ( Rsa ) Pada Tanda Tangan Digital,†Vol. 18, No. 2, Pp. 110–121, 2019.

R. Sadikin, Kriptografi Untuk Keamanan Jaringan. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2018.

N. Safarina, “Penerapan Algoritma Rsa Dan Des Pada Pengamanan File Teks,†Pp. 55–60, 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2018-04-04

Issue

Section

Articles

URN