Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Perusahaan Jasa Pengiriman Terbaik Dengan Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Arli Laisa Nasution STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3939

Abstract

Peningkatan penggunaan internet di masyarakat Indonesia membuat makin meningkatnya inovasi pembelian barang secara online ataupun pengiriman barang dari antar kota. Untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang , saat ini banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang semakin berkembang dan bersaing untuk merebut pasar. Banyaknya alternatif membuat pengguna bingung menentukan pilihan jasa pengiriman yang akan digunakan sehingga mempertimbangkan beberapa faktor yaitu seperti, jasa pengiriman yang paling sering digunakan oleh masyarakat lain, biaya kirim yang ditawarkan, estimasi pengiriman, jaminan keamanan barang pengguna, dan pengemasan barang yang diberikan jasa pengiriman.Maka dari itu solusi pada permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Weight Agreegated Sum Product Assesment (WASPAS). Dimana diketahui metode WASPAS digunakan untuk mengurangi kesalahan-kesalahan atau mengoptimalkan dalam penaksiran atau pemilihan nilai tertinggi dan terendah.Hasil penelitian terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Penerapan Metode Weight Agreegated Sum Product Assesment (WASPAS) dalam pemilihan perusahaan jasa pengiriman terbaik

Author Biographies

Arli Laisa Nasution, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

T. Rustendi and F. Jimmi, “Pengaruh Hutang dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur,†J. Akunt. FE Unsil, vol. 3, no. 1, pp. 411–422, 2008.

Y. A. NINGRATRI, “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Jasa (3P)Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih STIM SUKMA Medan,†no. 80, 2018.

H. Ariantono, M. Sudarma, and P. Arya Mertasana, “Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kenaikan Posisi Jabatan Pada Instansi Pemerintahan Dengan Metode Profile Matching,†J. Ilm. SPEKTRUM, vol. 2, no. 3, pp. 38–43, 2015.

Fadlina, S. Melani, R. O. Finola, and E. Verawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Bintara Polri dengan Menggunakan Metode ( WASPAS ),†pp. 108–113, 2018.

M. R Bastun "KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI PADA PT. SAMAS AGUNG DI SULAWESI TENGAH., " 2003.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN