Implementasi Data Mining Dalam Mengestimasi Biaya Produksi Opak Singkong Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada Cv. Sinar Jaya

Authors

  • Bella Ramadani STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i11.3937

Abstract

Opak Singkong adalah makanan cemilan sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan singkong. Pada proses produksi opak singkong masih bergantung pada ketersediaan bahan baku utama yaitu singkong segar. Jika tidak ada persediaan bahan baku, opak singkong dapat menyebabkan penurunan dalam proses produksi. produksi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhitungkan untuk memenuhi jumlah penjualan opak singkong  tentu hal ini mendorong CV. Sinar jaya sebagai pihak dalam melakukan produksi opak singkong.Dalam melakukan produksi tersebut perlu dilakukan pengendalian atas bahan baku yang tersedia dan biaya produksi. Tujuan adanya pengendalian terhadap bahan baku dan biaya produksi agar bahan baku yang digunakan dapat lebih efisien sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi perusahan Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Implementasi Data Mining Dalam Mengestimasi  Biaya  Produksi Opak Singkong Pada CV. Sinar Jaya dengan menggunakan Metode Regresi Linier Bergandaâ€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar akurat dan cepat. Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem berdasarkan variabel-variabel yang ada akan memberikan jawaban pasti hasil estimasi biaya produksi. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu CV. Sinar Jaya.

Author Biographies

Bella Ramadani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

2013 Mailina Harahap , Siti Mujiatun, “Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara,†2013.

J. A. Handayani, W. Winata, and ..., “Pengembangan Produk Unggulan Daerah Abung Semuli Melalui Edukasi, Produksi dan Pemasaran Opak Singkong Varian,†… Masy. LPPM UMJ, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/7990

A. Ahmad and B. Sholeh, “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Dodik Bakery,†J. Ris. Akunt. Terpadu, vol. 12, no. 1, pp. 96–104, 2019, doi: 10.35448/jrat.v12i1.5245.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†vol. 4, no. 1, pp. 156–161, 2018.

F. Rizky, Y. Syahra, and I. Mariami, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Target Pemakaian Stok Barang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†Sains dan Komput., vol. 18, no. 2, pp. 167–175, 2019.

Downloads

Published

2020-11-29

URN